Hunian Hotel Berbintang Turun 13,70 Persen

Hunian Hotel Berbintang Turun 13,70 Persen

90
BERBAGI

RBO, BENGKULU – Tingkat hunian hotel berbintang di Kota Bengkulu mengalami penurunan yang sangat drastis di bulan Februari 2017. Penurunanya mencapai 13,70 persen dari bulan Januari 63,21 persen tinggal 49,61 persen lagi.

“Diduga konsumen beralih ke hotel kelas melati. Karena pelayanannya semakin membaik, sementara harganya cendrung lebih murah,” kata Kepala Bidang Statistik Distribusi, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, Nurul Hasanudin,M.Stat, Senin (3/4).

Selain pelayanan hotel Melati di Bengkulu sudah mulai membaik, hingga akhir Maret ini Pemda Provinsi, Pemda Kota maupun instansi vertikal juga belum banyak kegiatan seperti pelatihan, workshop dan seminar yang memanfaatkan hotel-hotel berbintang. Sehingga harus segera dipicu agar tingkat hunian hotel berbintang di Kota Bengkulu kembali normal.

“Kami melihat pemda, maupun instansi vertikal belum ada kegiatan yang berarti, sehingga kami mendorong agar segera melaksanakan kegiatan itu, sebab akan mengerakkan roda perekonomian,” sampai dia.

Dikatakan dia, bila dilihat rata-rata lama tamu menginap di hotel sebanyak 1,66 hari atau tidak mencapai 2 hari. Ini terjadi penurunan jika dibandingkan bulan sebelumnya 2,31 hari atau 2 hari lebih. Meskipun dari 10 Provinsi di Pulau Sumatera Bengkulu masih berada di posisi nomor 2 tingkat hunian kamar hotel tertinggi.

“Tingkat hunian hotel tertinggi di Pulau Sumatera bulan Februari yakni Sumatera Selatan 60,73 persen, disusul Bengkulu 49,61 persen, dan yang terendah di Bangka Belitung hanya 39,50 persen,” tutup dia. (hcr)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

seven − five =