Jaksa Pulbaket Tanah Jurang

Jaksa Pulbaket Tanah Jurang

67
BERBAGI

Dugaan Mark Up Harga

RBO, KEPAHIANG – Tanah jurang di pinggiran Sugai Musi Kelurahan Dusun Kepahing, Kepahiang, yang dibeli oleh Pemerintah Kabupaten Kepahiang seharga Rp 3,8 Miliar tahun 2015 lalu, dilirik Jaksa Kejari Kepahiang. Saat ini temuan itu sedang dilakukan pengumpulan data dan keterangan oleh tim intelijen Kejari Kepahiang.

Kepala Kejaksaan Negeri Kepahiang H. Wargo, SH, melalui Kasi Intelijen Zainal Effendi, SH, MH, mengatakan akan memanggil orang-orang terkait dalam pembelian lahan jurang dimaksud, karena terindikasi adanya dugaan mark up harga.

“Atas adanya indikasi Mark up harga beli tanah tepi jurang yang dibeli melalui APBD kepahiang,maka kami akan melakukan pemanggilan kepada pihak terkait,”ujar Zainal, diruang kerjanya, Senin (03/04).

Menurut Zainal, bila dilihat dari struktur tanah tersebut, harga yang Rp 3,6 miliar sanggatlah tidak masuk akal. Oleh karena itu untuk memastikan ada atau tidaknya dugaan mark up, jaksa akan memanggil pihak-pihak yang mengetahui peristiwa saat itu.

“Harga pembelian tanah ini dinilai sangat tinggi,maka dari itu nanti akan kita minta keterangan dari Kabag Pemerintahan,kepala BPN,Inspektorat,BKD bagian Aset,” ungkap Zainal.

Terkait pemanggilan pihak – pihak terkait yang bertanggung jawab mengenai pembelian tanah ditepi jurang yang akan dijadikan lokasi TIC (Tourism Information Centre) Pemkab Kepahiang.Kejaksaan Negeri Kepahiang melakukan pengumpulan data dan pengumpulan berkas dan keterangan untuk kemudian dilakukan penyelidikan.

” Tahap awal puldata pulbaket kemudian dilanjutkan ke tahap ke penyelidikan,”tutup Zainal.

Disisilain Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan, SH, mengatakan tanah jurang tersebut sudah memilik sertifikat dan legal milik pemerintah Kabupaten Kepahiang. Terkait harga ?. Harga pembelian ditentukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Lahan itu sudah ada sertifikatnya, tetapi untuk urusan harga, semuanya sudah melalui penilaian dari OJK,”ungkap Iwan diruang kerjanya. (izu)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

fifteen − 3 =