316 PNS Pemprov Pensiun, BKD Launcing Pensiun Otomatis

316 PNS Pemprov Pensiun, BKD Launcing Pensiun Otomatis

BERBAGI
AGUS/RBO: Gubernur saat agenda launcing kemarin (4/4).

Gub: Kalau Perlu Promosi Jabatan Otomatis

RBO,BENGKULU – Tercatat ada sebanyak 316 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Bengkulu yang pensiun tahun ini (2017-red). Hal ini disampaikan langsung oleh Plt Kepala BKD Provinsi Bengkulu Drs.Ari Narsa JS, saat agenda Launcing Pensiun Otomatis dan Pelepasan PNS yang Memasuki Purna Bakti yang digelar di aula Pola Bappeda Kantor Gubernur Bengkulu, Selasa sore (4/4).

“Kalau pensiun golongan 4 B ke bawah itu masih wewenang BKD, kalau golongan 4C ke atas itu kewenangan presiden,” terang dia, kemarin.

Dijelaskannya, dengan adanya Launcing Pensiun Otomatis dan Pelepasan PNS yang Memasuki Purna Bakti maka secara otomatis PNS yang pensiun tidak harus repot-repot lagi mengurus terkait pemberkasan-pemberkasan manual yang selama ini menyusahkan para pensiunan PNS.

“Jadi dengan pensiun otomatis ini pensiunan PNS cukup duduk manis di rumah, biarkan BKD dan sistem yang mengurus semuanya, jadi ini salah satu bentuk penghargaan terhadap para pensiunan,” jelasnya.

Selain pensiun otomatis, pihaknya kedepan juga merencanakan akan memberlakukan sistem naik pangkat secara otomatis.

“Kalau berkala naik pangkat secara otomatis kita usahakan tahun 2018, di Kanreg 7 yang meliputi Sumsel, Jambi, Babel dan Bengkulu baru Bengkulu yang menerapkan sistem pensiun otomatis ini,” tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Kanreg 7 BKN Gede Putra Swastika yang hadir dalam agenda kemarin mengatakan, pola pensiun otomatis yang menggunakan sistem IT merupakan sebuah tuntutan perkembangan zaman.

“Satu-satu cara untuk mengubah mind set seseorang dengan instrumen teknologi. Pemberian pensiun ini sesuai UUD Nomor 11 tahun 1969 sebagai balas jasa atas pengabdian PNS,” jelasnya.

Dijelaskan dia, dengan sistem pensiun otomatis maka banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh para pensiunan PNS. Diantaranya, pembayaran uang pensiun tepat waktu dan otomatis oleh PT.Taspen, claim otomatis bagi para pensiun pns, dll.

“Sistem ini menerapkan Less Paper atau tidak ada menggunakan kertas dan map. Kami berharap seluruh BKD di kabupaten/kota di Bengkulu dapat mendukung program ini, kita apresiasi Provinsi Bengkulu sudah berani memulai ini,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Dr.H.Ridwan Mukti,MH saat agenda kemarin meminta pihak BKD Provinsi Bengkulu terus berani melakukan inovasi.

“Kita harus terus berhijrah ke lebih baik, jangan jadi beban, terus berinovasi, coba di usahakan tahun 2018 kenaikan pangkat juga secara otomatis,” pintanya.

Disisi lain, tak hanya meminta pihak BKD membangun sistem kenaikan secara otomatis bagi para PNS. Gubernur juga berharap pihak BKD dapat membangun sistem promosi jabatan otomatis.

“Kalau perlu promosi jabatan otomatis, saya 25 tahun lalu sudah melakukan sistem itu saat berkerja di swasta. Jadi dengan sistem itu, setiap orang yang diusulkan promosi jabatan akan keluar data prestasinya, bagian otomatisasi ini bentuk penghormatan negara terhadap pensiun,” tegasnya. (ags)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

thirteen − twelve =