BPKD RL Ngaku Belum Terima Laporan DD Tahun II 2016

BPKD RL Ngaku Belum Terima Laporan DD Tahun II 2016

BERBAGI
Damar/RBO: Kadinsos-PMD Darmansyah memberikan materi kepada peserta calon kader Kemanan Pangan Desa yang dihadiri Wakil Bupati Rejang Lebong Iqbal Bastari.

RBO, CURUP – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) RL, Safuan, S.Sos, M.Si mengklaim hingga saat ini belum menerima laporan realisasi dana desa (DD) tahap II Tahun 2016. Akibatnya, proses pencairan DD Tahap I Tahun ini belum dapat dilakukan karena terganjal hal tersebut.

“Hingga kini kita sama sekali belum menerima laporan realisasi penggunaan dana desa tahap II tahun 2016 lalu. Padahal laporan penggunan DD merupakan syarat utama agar DD tahap I tahun 2017 siap dikucurkan. Sesuai aturan dan petunjuk bahwa realisasi diserahkan oleh Kepala Desa kepada Pemeritan Kecamatan untuk dilakukan verifikasi. Setelah itu laporan realisasi dan APBDes disampaikan langsung ke Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa diverifikasi ulang,” tegasnya.

Ia menjelaskan pencairan DD tahap I telah dibatas oleh Dirjen Keuangan RI Kepada Pemerintah Daerah Rejang Lebong paling lambat bulan Juli. Pembatasan ini bertujuan untuk mendisiplinkan anggaran agar dapat dimanfaatkan secara lebih optimal dan efesien sehingga kualitas output lebih baik. Jika Pemda tidak menyampaikan persyaratan penyaluran tahap I sampai Juli, dana desa tidak dapat disalurkan ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) sekaligus rekening kas umum desa (RKUDes).

Untuk tahap II, Dirjen Keuangan hanya akan menyalurkan dari RKUN ke RKUD jika setidaknya tiga persyaratan terpenuhi. Pertama realisasi penyaluran tahap I dari RKUD ke RKUDes telah mencapai 90 persen, dari tahun sebelumnya 50 persen. Kedua tingkat penyerapan dana desa oleh desa minimal 75 persen dari sebelumnya 50 persen, ketiga Pemda dan Desa wajib melaporkan laporan output penggunaan dana desa.

“Jadi setelah dinyatakan lengkap laporan realisasi diserahkan ke BPKD sebelum akhirnya diserhkan ke pemerintah pusat untuk dicairkan DD-nya. Pencairan dana di pusat baru bisa dilakukan jika laporan realisasi telah masuk ke BPKD dengan jumlah minimal 50 persen dari jumah desa, semakin cepat laporan disampaikan maka akan semakin cepat pula DD dicairkan,” tutupnya. (gol)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

7 − six =