Tak Cairnya Dana Desa Karena TA, TPD, TPLD

Tak Cairnya Dana Desa Karena TA, TPD, TPLD

137
BERBAGI
Ilustrasi ADD

RBO, CURUP – Sejatinya pencairan Dana Desa Tahap I tahun 2017 ini sudah bisa dilakukan para Kepala Desa yang ada di Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Namun, faktanya berkata lain. Sebab berdasarkan laporan dari Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Rejang Lebong mengaku belum menerima laporan akhir seluruh kegiatan yang dilaksanakan Kades selama tahun 2016.

Terhadap hal itu, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rejang Lebong, Drs. Darmansyah, MM, angkat bicara soal hal tersebut. Menurut dia kepada wartawan, saat dihubungi kemarin siang (05/04), terancamnya pencairan Dana Desa (DD) tahap I tahun 2017 sebagaimana diatur dalam aturan terbaru dari Kementerian Keuangan bahwa setiap Kepala Desa wajib menyerahkan dokumen laporan seluruh kegiatan mulai dari tahap I dan II tahun 2016 sebagai syarat untuk pencairan tahap I tahun 2017.

“Kami tidak mau disalahkan dengan belum diprosesnya pencairan DD tahap I Tahun 2017 ini. Karena kami dari PMD dan pihak BPKD juga tidak mau disalahkan soal itu. Karena dalam Perbup, dalam Juklak dan Juknis pencairan dana desa itu sudah disebutkan bahwa seluruh Kepala Desa wajib menyerahkan laporan keseluruhan kegiatannya tahun 2016 kepada BPKD Rejang Lebong yang kemudian diteruskan kepada Kementerian terkait,” tegasnya.

Ia bersama pihak BPKD Rejang Lebong sudah kerap mengingatkan. Bahkan dalam kegiatan Bimtek juga sudah disampaikan kepada Kepala Desa untuk membuat laporan akhir seluruh kegiatan yang sudah dilaksanakan mulai dari awal tahun 2016 hingga akhir. Nah, kini justru timbul pertanyaan kenapa Kepala Desa tidak melaksanakan itu? Tentunya peran Pendamping Desa, Tenaga Ahli Desa, dan Tenaga Pendamping Lokal Desa dipertanyakan. Apakah aturan tersebut sudah disampaikan dan diingatkan kepada setiap Kepala Desa?

“Kan mereka digaji besar oleh Kementerian Desa yang tujuan untuk memberikan masukkan dan pemahaman akan aturan dan mekanisme pelaksanaan pengunaan dana desa dan proses pencairannya. Kalau kami sudah cukup memberikan sosialisasi. Termasuk dalam Perbup tentang penggunaan dana desa dan alokasi dana desa juga sudah kita bunyikan tentang kewajiban setiap Kades membuat laporan akhir seluruh kegiatan yang sudah mereka lakukan tahun sebelumnya sebagai syarat untuk pencairan tahap berikutnya,” bebernya. (gol)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

four × 5 =