300 Hektare TWA Diusulkan Dilepas

300 Hektare TWA Diusulkan Dilepas

BERBAGI

RBO, BENGKULU – Kepala BKSDA Bengkulu Abu Bakar mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan mengusulkan ke Kementerian seluas 300 Hektar (Ha) lahan Taman Wisata Alam (TWA) agar dilepas ke masyarakat. Menurutnya, hingga kini pihaknya masih melakukan survei di lapangan terkait lahan yang akan dilepas itu.

“Kawan-kawan masih melakukan survei ke lapangan, sebagian ada wilayah yang di rambah oleh masyarakat yang ada duluan sebelum tahun 1985, penunjukan atas kawasan kita itu 1985 sehingga setelah ada yang setelah tahun 1985 ini ada yang oleh instansi pemerintah, ada juga oleh masyarakat dan oknum-oknum tertentu, jadi yang sebelum tahun 1985 ini saya menginginkan kalau bisa ini lepas dari kawasan,” ungkapnya, kemarin (6/4).

“Sekitar 300 hektar itu wilayahya menyebar atau spot-spot, yang selama ini dikuasai masyarakat tapi dia pun mempunyai data sertifikat sebelum kita yang sebelum TWA ini ada. Kalau lapangan Golf setelah TWA, setelah tahun 1985 ini kan dilakukan oleh instansi pemerintah ini akan tetap kita pertahankan dengan sistem kerjasama, yang instansi pemerintah nanti tetap akan kita pertahankan. Sebelum tahun 1985 akan kita lepas,” tambahnya sambil mengatakan bahwa luas total TWA yakni 720 Ha.

Ditambahkan, jika pihaknya selesai melakukan kerja survei mengumpulkan data di lapangan, direncanakan tanggal 11 April 2017 mendatang pihaknya akan melakukan ekspose ke Kementerian di Jakarta.

“Apa hasil dilapangan itu yang akan kita ekspose, nanti kita minta tanggapan Kementerian, nanti kan ada saran, misal ini nggak boleh dilepas atau lakukan dengan pola hutan kemasyarakatan, jadi kemungkinan itu ada. Itu kalau sudah ada perumahan kalau nggak dilepas gimana?, Itu lah yang spot-spot tadi. Lapangan golf masih tetap TWA, nanti masih ada mekanisme kerjasamanya, yang diklaim masyarakat itu karena ada sertifikatnya, itu yang akan dilepas sebagian, itu yang akan kita ajukan karena itu sah, hasil dari BPN sendiri itu sah,” pungkasnya. (ags)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

eleven − 1 =