Ribuan Guru Tuntut Sertifikasi Segera Cair

Ribuan Guru Tuntut Sertifikasi Segera Cair

BERBAGI
IST/RBO: Ribuan Guru Tuntut Sertifikasi Cair

RBO, BENGKULU – Ribuan guru di Kota Bengkulu mengeluhkan lambatnya pencairan dana sertifikasi tahap I yang seharusnya turun pada awal April ini. Sebab, keterlambatan ini, membuat perekonomian guru cukup tersendat.
Menurut para guru, keterlambatan ini sudah sering dirasakan, mengingat pada pencairan sertifikasi tahun lalu yang juga mengalami hal yang sama.
“Padahal dalam juknisnya kan sertifikasi harusnya cair tiap 3 bulan sekali, tapi hingga jelang akhir April belum juga dicairkan. Sedangkan di situ ada hak kami sebagai guru,” jelas salah seorang guru yang minta namanya tidak disebut, kemarin.
Menurutnya, akibat keterlambatan itu, beberapa rekan gurunya terkadang harus berutang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, hingga untuk keperluan pendidikan anak.
Ditambahkan, jika pencairan tunjangan sertifikasi masih berlangsung lama dapat menurunkan semangat guru untuk mengajar.
“Kalau sertifikasi terlambat, semangat kerja guru bisa berkurang. Berbeda kalau sudah dapat dana sertifikasi, langkahnya lain, wajahnya juga berseri-seri datang ke sekolah,” imbuhnya.
Pihak guru menilai, keterlambatan ini seolah tidak sejalan dengan desakan pemerintah yang kerapkali meminta kepada guru untuk menunjukkan totalitasnya dalam mendidik. Oleh sebab itu, dirinya berharap agar tunjangan sertifikasi segera dicairkan dan ke depannya tidak lagi terjadi keterlambatan.
Selain itu, pihak guru juga meminta agar segera mencairkan tunjangan sertifikasi bagi guru yang telah menyerahkan berkas persyaratan dan mendapatkan SK dari Dirjen.
“Kami harap yang sudah menyerahkan berkas dapat segera dicairkan. Tidak usah menunggu yang belum menyerahkan berkas, yang sudah ada ya diprioritaskan,” pintanya.
Selain itu, pihak guru juga berharap agar pencairan dana sertifikasi kedepannya dapat disatukan dengan gaji yang dibayarkan setiap bulan sesuai dengan golongan dan gaji pokok setiap guru agar proses mendapatkan dana sertifikasi tidak berbelit-belit. (ags)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

two + 8 =