e-Tilang Mulai Diberlakukan

e-Tilang Mulai Diberlakukan

Ronal/RBO: Wakapolda Bengkulu Kombes Pol Agus Kurniady membuka acara E-Tilang di Hotel Santika II.
BERBAGI:

Wakapolda: Efektivitas e-Tilang Mencegah Pungli

RBO, BENGKULU – Masyarakat Bengkulu saat ini dapat membayar tilang kendaraan melalui alat elektronik. Ya, e-Tilang merupakan transaksi pembayaran melalui sistem jaringan online. Sistem ini pun mencegah aktivitas sogok menyongok, yang terjadi di Lalu Lintas. Hal ini dikatakan oleh AKBP Hendra Wahyudi, SE, MM pembicara dari Korlantas Polri saat acara Implementasi di Hotel Santika Bengkulu.

“Karena pelanggar langsung dapat menyetor denda tilang melalui Bank dan akan langsung masuk ke Kas Negara. Sehingga tidak ada sogok menyogok,” ungkapnya kemarin Kamis (06/04). Adapun tata cara atau proses pembayaran denda tilang melalui E-tilang adalah dengan cara petugas di lapangan akan memasukkan data tilang melalui aplikasi E-tilang melalui smart phone milik petugas. Petugas akan memasukkan data tilang berupa pasal yang menjerat pelanggar, data diri dan plat nomor pelanggar. Setelah proses tilang selesai, pelanggar akan menerima pesan notifikasi nomor pembayaran tilang berupa SMS melalui smart phone pelanggar. Selain itu pelanggar pun menerima slip bukti tilang berwarna biru dari petugas. Pelanggar diarahkan untuk melakukan pembayaran di Bank BRI atau Elektronik Data Capture (EDC) BRI, SMS Banking, internet Banking dan M Banking BRI.

“Setelah proses pembayaran selesai pelanggar akan mendapatkan bukti pembayaran yang sah untuk selanjutnya diserahkan kepada petugas untuk ditukarkan dengan barang bukti yang disita. Aplikasi di smart phone petugas akan mendapatkan informasi prmbayaran secar real time,” tutupnya. Sementara itu, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Yovianes Mahar, MH melalui Wakapolda Bengkulu Kombes Pol. Drs. Agus Kurniady Sutisna, MM mengatakan. e-Tilang merupakan upaya peningkatan kualitas kinerja di tubuh Polri. Terlebih lagi, pengendara pun mudah dan aman dalam menjalani pembiayaan. “Ini sebagai wujud pelayanan prima kita. Pengendara yang ditilang pun akan terhindar dari tindakan sogok menyogok di jalanan. Kita imbau, agar jajaran anggota kita pun memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” tutupnya.

Sebelumnya, Wakapolda membacakan amanat Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa dan membuka acara tersebut. Tampak hadir Dirlantas Polda Bengkulu Kombes Pol Eko Krismianto, Kepala PN Bengkulu Kuswanto, SH, Pihak Bank BRI, Kejaksaan dan Instansi terkait lainnya. (run)

Berikut Alur Transaksi e-Tilang :

1. Polisi melakukan tilang;

2. Data tilang dimasukkan ke aplikasi;

3. Pelanggar akan menerima notifikasi via SMS berisi jumlah denda dan kode pembayaran;

4. Pelanggar membayar denda maksimal melalui m-Banking, ATM, dan teller BRI dan BNI;

5. Struk pembayaran diserahkan ke petugas untuk mengambil barang bukti yang disita;

6. Data pelanggaran dikirimkan ke pengadilan untuk menerima ketetapan hakim;

7. Jaksa mengeksekusi amar/putusan tilang;

8. Pelanggar akan menerima notifikasi berisi amar/putusan tilang dan sisa dana tilang;

9. Pelanggar menerima sisa dana melalui transfer atau mengambilnya ke bank.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

5 × four =