PKK Gencar Sosialisasi Anti KDRT

PKK Gencar Sosialisasi Anti KDRT

BERBAGI
Hj. Elvita Fery Ramli

RBO, BENTENG – Tim penggerak PKK Bengkulu Tengah yang dipimpin Hj. Elvita Fery Ramli, S.Sos gencar melakukan sosialisasi anti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), bahkan PKK Benteng juga memberikan perhatian khusus terhadap kasus-kasus KDRT di Benteng.

Untuk mendukung sosialisasi tersebut, PKK juga bekerjasama dengan BPPKB, Rumah Aman dan NGO yang konsen terhadap pemberdayaan perempuan. Sosialisasi yang dilakukan tidak hanya berbentuk ceramah kelas, namun juga melalui drama dan musikalisasi puisi tentang KDRT. Elvita menjelaskan perempuan yang sering menjadi korban dalam KDRT harus berani mengambil sikap supaya tak lagi menjadi korban. Drama yang dipentaskan dalam setiap kali sosialisasi adalah memberi gambaran pada kaum perempuan apa yang harus dilakukan saat terjadi KDRT.

“KDRT tidak hanya berbentuk penyiksaan fisik, namun penyiksaan secara psikologis juga masuk dalam kategori KDRT. Nah melalui drama dan musikalisasi mudah-mudahan kaum perempuan yang ada di desa lebih mudah menyerap informasi yang disampaikan. Metode ini sebagai alternatif dari ceramah dan sosialisasi lewat selebaran,” kata Elvita.

Dia juga mengajak kaum perempuan yang telah berumah tangga dapat memahami dan menjalankan tanggung jawab sebagai seorang istri. “Jika istri sudah melaksanakan tanggungjawabnya dirumah dengan baik, maka suami tidak akan marah dan tidak mungkin KDRT terjadi,” jelasnya.

Elvita juga mengimbau kaum perempuan memahami UU PPA dan Perda PPA sehingga saat terjadi KDRT pelaku bisa dipidanakan. “Kita negara hukum, setiap warga negara memiliki hak yang sama. Jadi tidak dibernarkan adanya kekerasan,” ujar Elvita. (tan)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

three × two =