Agustus KPU Kota Buka Pendaftaran PPK dan PPS

Agustus KPU Kota Buka Pendaftaran PPK dan PPS

BERBAGI
Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah S.Pd, M.Si

RBO, BENGKULU – Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Bengkulu sekarang tinggal menghitung bulan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulupun segera membuka pendaftaran untuk anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitian Penmungutan Suara (PPS) untuk Pilwakot 2018 mendatang. Dikatkan Ketua KPU Kota Bengkulu Darliansyah, M.Pd Pada Agustus 2017 mendatang pendaftaran segera dibuka.

“Saat ini memang belum kita publikasikan. Karena pendaftaran ini akan kita buka Agustus mendatang,” terang Darliansyah kemarin,(7/4).

Adapun syarat mendaftar menjadi anggota PPK dan PPS ini yaitu  usia minimal 25 tahun, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil, tidak menjadi anggota parpol sekurang-kurangnya lima tahun, dan berdomisili di wilayah PPK, sehat secara jasman dan rohani, berpendidikan paling rendah SLTA sederajat, serta belum pernah menjabat dua kali sebagai anggota PPK dan PPS selama dua periode Pemilu 2005-2009 dan 2010-2014. Syarat administrasi yang harus dipenuhi calon pendaftar antara yaitu Surat pendaftaran dan surat pernyataan yang ditandatangani calon PPK dan materai Rp 6000 fotocopy KTP, Fotocopy Ijazah yang dilegalisir, serta surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit setempat.

Kemudian Darliansyah berharap untuk pemilihan anggota PPK dan PPS untuk pilwakot 2018 ini benar-benar anggota yang mempunyai kemampuan dan berkualitas.

“Kita harap perekrutan calon anggota PPK dan PPS  tahun ini untuk pilwakot 2018 mendatang, benar-benar memiliki kemampuan dan pengetahuan mengenai pemilu. Karena kita menjaga tanggung jawab dan sebagai penyelenggara. Kami harapkan calon anggota PPK dan PPS memiliki intergritas,” tungkasnya.

Penerimaan calon anggta PPK dan PPS ini nanti pasti bersifat terbuka. Pantia penyeleksi juga menyelenggarakan tes kepada calon anggota PPK dan PPS. Tes yang dimaksud yaitu tes wawancara dan tes tertulis yang akan diselenggaran bulan September mendatang.

“Untuk pendaftaran sendiri biasanya di kelurahan masing-masing. Untuk kali ini dapat daftar langsung dan menyerahkan berkas pendaftaran di sekretariat KPU kota Bengkulu,” papar Darliansyah.
Jumlah kuota untuk calon anggota PPK dan PPS ini akan disesuaikan sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk PPK sebanyak 45 orang, sedangkan untuk jumlah anggota PPS yaitu 63 orang,” tutup Darliansyah. (cw5)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

15 + twelve =