Khaidir Muchtar S. Sos: Berbuat Baik Tak Harus Dengan “Uang”

Khaidir Muchtar S. Sos: Berbuat Baik Tak Harus Dengan “Uang”

BERBAGI
Khaidir Muchtar S. Sos

RBO, SELUMA – Berbuat suatu kebaikan, tak harus diukur dengan materi atau dengan uang. Banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menebar kebaikan atau pertolongan. Hal inilah yang menjadi pemikiran Kepala Dinas Kesehatan Seluma, Khaidir Muchtar S. Sos.

“Sebaik-baiknya orang adalah orang yang dapat memberi manfaat bagi orang lain. Untuk berbuat kebaikan, jangan hanya diukur dengan menggunakan uang. Namun apa saja yang dapat dirasakan bermanfaat bagi setiap orang,” sampai Kadis Kesehatan Seluma, Khaidir Muchtar S. Sos, ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Menurut Khaidir Muchtar, salah contoh yang dapat dilakukan, yakni seperti menjadi relawan. Relawan, dan masih banyak lagi kegiatan dan organisasi sosial lainnya. Apalagi saat ini tampaknya, anak muda mulai tergerak untuk melakukan sesuatu bagi orang lain demi sebuah kemajuan dan kebaikan.

Kendati beberapa pihak menilai menjadi relawan bisa jadi hanya sekadar tren sementara dan sebagai ajang pamer anak muda di media sosial. Sesungguhnya ada beberapa hal positif yang bisa diambil saat menjadi relawan. Karena secara langsung ataupun tidak langsung bisa membantu orang lain.

“Dengan menjadi relawan, atau ikut organisasi sosial, kita bisa merasakan indahnya berbagi, meski bukan dalam bentuk materi,” Ujar Khaidir,yang pernah menjabat Kabag Kesra Pemkab Seluma ini.

Menurut Kadinkes, dengan bergabung organisasi sosial, akan terbiasa memberikan bantuan pada sebuah kegiatan sosial dalam bentuk uang alias donasi.

“Berbuat baik tak melulu harus dinilai dari uang yang kita keluarkan. Saat menjadi relawan, kita akan menyadari bahwa hal terpenting dalam sebuah kegiatan sosial adalah kehadiranmu di tengah-tengah orang yang membutuhkan bantuan. Pengorbanan dalam bentuk waktu dan tenaga tak kalah berharga dibandingkan dengan bantuan berupa uang. Kita juga bisa berbaur dan berbincang langsung dengan mereka saat menjadi relawan,” sampainya.

Di sisi lain, dengan berkecimpung di dunia sosial, dapat belajar untuk mendengar keluh kesah mereka serta berusaha melupakan duka yang mereka rasakan. Kitapun dapat merasakan nikmat dan indahnya berbagi dengan menjadi relawan.

“Dengan berkecimpung di dunia sosial, kita juga akan lebih memahami banyak hal dalam diri kita. Bisa disyukuri daripada dikeluhkan,” sampainya.

Sementara itu, di Dinas yang ia pimpin saat ini, bentuk kepedulian sosial dilakukan pihaknya di tanggal 20 April mendatang, dengan kegiatan Sunat massal gratis untuk 30 orang anak dari kalangan tidak mampu yang dipusatkan di halaman gedung daerah Serasan Seijoan.

“Nanti saya juga akan membantu dengan uang saku pribadi saya. Setidaknya, hal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Khaidir yang selalu mendukung berbagai bentuk kegiatan sosial ini.(One)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

4 × five =