Dewan Minta Audit Dana Samisake Rp 13,6 M

Dewan Minta Audit Dana Samisake Rp 13,6 M

samisake
BERBAGI:

RBO,BENGKULU – Ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu Sudisman, menyampaikan bahwa salah satu yang diharuskan segera dilakukan sebelum pengesahan revisi Perda Samisake no 12 tentang dana Bergulir, dewan Kota Bengkulu menyarankan kepada pihak eksekutif agar dana bergulir Samisake yang sudah dikucurkan sebesar Rp 13,6 miliar diaudit terlebih dahulu.

“Usulkan anggaran untuk pembentukan Tim audit Independen. Sebab secara rata- rata dewan belum memutuskan apakah akan kembali mengalokasikan anggaran untuk program ini dalam APBD mendatang. Sebab kawan kawan dewan meminta dana sebesar Rp 13,6 miliar yang sebelumnya sudah dikucurkan diaudit terlebih dahulu,” sampai Dia.

Setidaknya, anggaran untuk pembentukan tim audit independen sudah tersedia. Sehingga tahun mendatang bisa direvisi. Saat ini pun, kata Dia anggota dewan juga masih banyak agenda pembahasan Paripurna. Salah satunya pembahasan APBD Perubahan 2017 ini.

“Disamping itu, audit ini untuk mengetahui dimana letak kekurangan pengelolaan dana bergulir Samisake selama ini. Sehingga pengucuran berikutnya lebih bermanfaat dan tepat sasaran,” sambung Dia.

Lebih jauh dijelaskan bahwa pentingnya audit dikarenakan dana Samisake merupakan anggaran yang menggunakan uang negara, tentu setiap penggunaannya harus ada secara tertulis pertanggungjawabannya. “Salah satu yang penting dilakukan yakni meminta pihak berwenang untuk melakukan audit. Sebab penambahan modal Dana Bergulir Samisake tidak akan dilakukan jika tidak terjadi penyempurnaan sistem dan regulasi atas program ini. Dalam artian bahwa modal tambahan untuk samisake bisa dilakukan setelah pengembalian dana oleh masyarakat penerima manfaat lancar,” sambungnya.

Ditambahkan bahwa modal Samisake ini baru dapat ditambahkan dari yang pernah dikucurkan bila perangkat administrasi dan regulasinya sudah disempurnakan sesuai dengan tata aturan pengelolaan keuangan daerah yang baik dan benar. (lay)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

one × 3 =