TMMD 98 Kodim RL Habiskan Dana Rp 5 M

TMMD 98 Kodim RL Habiskan Dana Rp 5 M

Damar/RBO: Kondisi jalan milik Pemda Provinsi Bengkulu di Kecamatan SBU Rejang Lebong yang nyaris putus dan mengakibatkan warga yang melintas ekstra waspada.
BERBAGI:

RBO, CURUP – Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke 98 yang dilaksanakan Kodim 0409 Rejang Lebong ini dipusatkan di Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang. Menurut informasi kegiatan tersebut telah menguras dana sebesar Rp 5 milliar untuk membuka akses jalan masyarakat yang diharapkan bisa memberikan banyak manfaat bagi warga sekitar.

Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol Kav Hendra S Nuryahya SH, menjelaskan TMMD di perbatasan Kabupaten Rejang- Kepahiang membuka jalan sepanjang 5 Kilometer dengan Lebar 8 Meter meliputi beberapa desa, yakni Durian Depun, Pulogeto dan Pungguk Meranti dan secara fisik ada 1 jembatan dan 3 plat deker 7 gorong-gorong dengan dana mencapai Rp 5 Miliar.

“Mudah-mudahan jalan yang akan dikerjakan ini dapat bermanfaat bagi dan juga masyarakat ikut terlibat dalam membangun jalan baru ini, serta memudahkan mobilitas hasil pertanian di Kecamatan Merigi,” ujarnya.

Setelah selesai nantinya pihak Pemda Kepahiang akan melanjutkan pembangunan denan peningkatan jalan di lokasi TMMD ini.”Kedepan tentunya akan kita tingkatkan setelah pembukaan jalan baru bersama TNI ini, sehingga masyarakat lebih mudah lagi dlaam mobilisasi hasil pertaniannya,“ terang Hidayat.

Sementara itu, Andi Muhamad program TMMD ini digelar sejak berdirinya Korem 041 Gamas 1983 sampai tahun ini. Dan Kodam Sriwijaya menargetkan 100 TMMD tahun, untuk yang 98 di Kabupaten Kepahiang, 99 di Seluma dan 100nya di Kota Bengkulu dengan tujuan mempercepat pemerataan pembangunan di 10 kabupaten/kota se provinsi Bengkulu.”Sinergiritas bersama Steakholder baik pemerintah daerah dalam program TMMD sehingga menyentuh seluruh lapisan masyarakat yang ada, “ kata Danrem 041 Gamas Bengkulu.

Selama ini dengan kondisi jalan setapak yang berlumpur masyarakat disini membawa hasil pertanian seperti jagung, kopi, cabai, serta hasil pertanian lainnya menggunakan jasa ojek ataupun dipanggul sendiri sehingga menambah dana pengeluaran untuk membawa hasil pertanian.

“Kita melibatkan 130 hingga 150 prajurit TNI serta dibantu masyarakat sekitar untuk membuka jalan baru sepanjang 5 km dengan lebar 8 meter yang dimulai 5 April hingga 4 mei mendatang. Dan dibantu Rp 220 juta dari mabes TNI uang saku dan uang makan TNI yang bekerja di TMMD,” papar Danrem.(gol)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

five × 5 =