7 Cilik Pembobol Rumah Ditangkap

7 Cilik Pembobol Rumah Ditangkap

129
BERBAGI

RBO, BENGKULU – Tampaknya pelaku tindakan kriminalitas di Kota Bengkulu tak hanya orang dewasa. Komplotan yang bahkan belum beranjak ke umut 17 tahun pun ikut menjadi kawanan bandit. Dimana jajaran Polsek Selebar berhasil menahan 7 komplotan cilik bobol rumah.

Mereka adalah De (17), On (16), Ed (15), Ar (17), Ek (15) dan No (16) warga Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Mereka pun diantaranya 4 masih berstatus pelajar. Dua pelaku lainnya tak ditahan, namun proses hukum tetap berjalan. Diantaranya Yu (12) dan Al (12) yang tidak ikut dipidana. Modus dari kejahatan mereka pun dari membobol kediaman korban hingga masuk tanpa pamit untuk mencuri. Dari pengakuan aksi ini sudah terjadi selama tiga kali. Terhitung dua TKP yang sudah menjadi korban diantaranya Kelurahan Betungan dan kawasan Jalan Sebakul – Betungan.

Kronolgisnya, De melakukan aksi bersama Ar disalah satu kediaman korban. Disana mereka melarikan laptop dan handphone. No merupakan rekannya ikut serta pernah membobol rumah korban dengan memanjat atap, ketika korban tak berada di rumah. Setelah itu keduanya mengajak Ed yang beraksi di Sekolah Menengah Pertama 16 Jalan Rahman Kelurahan Betungan.

Hingga ketiganya pun memiliki komplotan yang ikut serta dalam aksi pencurian. Menariknya lagi, ketika hendak mencuri para kawanan ini memanggil pemilik rumah. Jika pemilik rumah tidak di tempat, kawanan pencuri ini langsung masuk dan mencuri barang berharga yang terlihat.

Kapolsek Selebar Kompol Amsaludin melalui Kanit Reskrim Polsek Selebar Iptu Surya, mengatakan. Mereka kerap beraksi ketika korban tak berada dirumah. Melihat kesempatan mulus, para kawanan pencuri ini pun langsung beraksi.

“Mereka sudah kerap beraksi, di kawasan hukum kita. Sehingga kita tangkap satu persatu,” terangnya kemarin Senin (10/04) di Mapolsek. Sementara itu, dari hasil barang bukti didapatkan diantaranya tiga laptop, satu play station dan dua handphone.

Ketujuh pelaku pun dikenakan pasal 363 KUHP diancam dengan penjara diatas empat tahun penjara. Dari perkembangan perkara dalam pencurian ini. Jajaran pun Minggu lalu (09/04) mengamankan dua diduga sebagai penadah. Diantaranya An (37) warga Kelurahan Betungan dan He (27) warga Kelurahan Sukarami Bengkulu.

“Dari pengakuan para tersangka, barang tersebut ada yang digadai dan dijual dari kedua penadah ini. Untuk An itu membeli handphone, sedangkan He digadai dikarenakan para pelaku cilik itu sedang memerlukan uang. Untuk keduanya kita kenakan pasal 480 KUHP tentang penadahan barang curian.Untuk diversi, kita masih berkodinasi dengan kejaksaan. Apakah bisa kita tahan, atau diproses hukum sesuai peraturan anak saja,” tutup Amsal. (run)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

twenty − eighteen =