Ramadan, Bulog Siapkan Stok Daging Kerbau India

Ramadan, Bulog Siapkan Stok Daging Kerbau India

BERBAGI

RBO, BENGKULU – Kepala Perum Divre Bulog Regional Bengkulu, Subali Agung Gunawan mengatakan, pihaknya mengajukan rekomendasi ke Gubernur Bengkulu Dr.H.Ridwan Mukti,MH terkait penyedian daging kerbau pada bulan suci Ramadan mendatang.

“Kami sudah mengajukan rekomendasi ke Gubernur terkait keinginan kami supaya bisa mengisi, memberikan alternatif penyedian daging pada bulan Ramadan,” terangnya, kemarin.

Dijelaskan lebih lanjut, penyedian daging beku tersebut berasal dari negara India.

“Daging yang kami sediakan ini daging kerbau India. Kebetulan yang diizinkan Menteri Perdagangan didistribusikan ke seluruh Indonesia itu adalah daging kerbau, bukan daging impor Australia atau Selandia Baru,” tegasnya.

Ditambahkan, stok daging kerbau yang bakal disediakan nantinya mencapai 4 ton.

“Kalau berdasarkan pengalaman kami, daging yang diimpor Bulog itu cukup bisa memberikan alternatif bagi masyarakat, tapi semuanya itu juga tergantung dari Pemerintah Daerah,” ulasnya.

Disisi lain, harga daging kerbau yang dijual nantinya di bawah rata-rata harga pasar sekarang ini.

“Harganya pasti di bawah pasar, karena sekarang ini kami amati daging sekarang ini masih di kisaran Rp 120 ribu/kg. Menurut hemat kami kalau bisa di tekan, kalau bisa dapat Rp 100 ribu atau dibawah seratus. Dengan ini mudah-mudahan masyarakat Bengkulu bisa mendapatkan alternatif lah terkait dengan harga daging,” bebernya.

“Daging kerbau India ini teksturnya hampir sama dengan daging fresh, teksturnya agak besar-besar dan lembut, jadi sesuai lah dengan karakteristik masyarakat di Sumatera khususnya di Bengkulu ini.

Daging kerbau impor ini beda dengan kerbau kita, kita ini kan rata-rata kerbau kerja, mungkin teksturnya agak sedikit keras, kalau yang kita ini dagingnya lembut,” pungkasnya. (ags)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

six + fourteen =