Wooowww !!! Jaksa Saran Perbaikan Pada Kontraktor

Wooowww !!! Jaksa Saran Perbaikan Pada Kontraktor

Arief Wirawan SH MH
BERBAGI:

Penyidikan Lanjut? Tergantung Kajari

RBO, KEPAHIANG – Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepahiang menyarankan kontraktor pelaksana pekerjaan proyek jalan Kepahiang batas Sumsel melakukan perbaikan. Agar bangunan yang terindikasi mengalami kekurangan volume dan spek dalam pengerjaannya tersebut bisa dibangun sesuai dengan kontrak sesungguhnya.

Kajari H Wargo SH MH melalui Kasi Pidsus Arief Wirawan SH MH Senin (10/4) diruang kerjanya menuturkan saran diberikan penyidik saat melakukan pemeriksaan terhadap para saksi yang diperiksa

“Saran kita berikan saat melakukan pemeriksaan, karena memang pekerjaan masih dalam masa pemeliharaan,” ungkap Arief.

Mantan Kasi Pidsus Kejari Muko-Muko ini mengungkapkan belum mengetaui apakah perbaikan sudah dilakukan oleh kontraktor pelaksana. Bila nantinya dilakukan perbaikan maka pihaknya akan kembali melakukan cek fisik dilapangan guna menganalisa pekerjaan sudah sesuai dengan ketentuan ataupun belum.

“Bila nantinya sudah dilakukan perbaikan kita akan periksa kembali, sekarang juga kita belum menerima hasil pemeriksaan ahli,” sebutnya.

Mengenai status penyidikan perkara bila sudah dilakukan perbaikan oleh kontraktor pelaksana, Arief mengatakan tergantung dengan atasan (Kajari). Karena pihaknya akan memberikan laporan keatasan setelah melakukan pemeriksaan lanjutan.

“Tergantung atasan, yang jelas kita memberikan laporannya untuk proses kelanjutannya tergantung arahan nanti bagaimana,” ujarnya.

Pun demikian pemeriksaan saksi-saksi terkait dengan proyek dengan anggaran Rp 6.883.319.200 tersebut didanai APBD Provinsi Bengkulu. Sebelumnya indikasi adanya kekurangan volume bangunan dalam pengerjaan proyek pelebaran jalan Kepahiang batas Sumsel semakin menguat. Setelah adanya pengecekan fisik oleh penyidik pidana khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepahiang bersama tenaga ahli Rabu (5/4) sekitar pukul 10.00 WIB di Desa Permu Bawah Kecamatan Kepahiang.

Pengecekan atau pemeriksaan dilakukan setelah sebelumnya penyidik mengambil sampel bangunan untuk diuji oleh ahlinya. Guna memastikan kondisinya kemarin tenaga ahli bersama penyidik melakukan pengkukuran fisik pekerjaan mulai dari pelapis tebing, pelebaran jalan hingga bangunan drainase berkramik. Terlebih mengenai volume bangunan yang dikerjakan PT Surya Alnusa Mandiri tersebut. Penyidik juga sudah menggali keterangan saksi Subari dan Rohman diperiksa secara intensif oleh penyidik Nupridiansyah SH dan Eliarmi SH untuk mengetahu keterangan terkait pengerjaan proyek pelebaran jalan Kepahiang batas Sumatera Selatan (Sumsel). Subari merupakan kontraktor pelaksanakn proyek melalui perusahaannya PT Surya Alnusa Mandiri sementara Rohman merupakan konsultas pengawas proyek yang dikerjakan oleh Subari di Desa Permu Kecamatan Kepahiang tahun lalu. (izu)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

10 − 6 =