Polda Ekspose Perkara Kejahatan Besar

Polda Ekspose Perkara Kejahatan Besar

179
BERBAGI
Ronal/RBO: Polda Gelar Perkara

Mulai dari Peras Saimen Bakery Sampai Dengan Jambet Lintas Provinsi 

RBO, BENGKULU – Dalam kurun kurang lebih beberapa bulan ini, jajaran Kepolisian Daerah Bengkulu bersama Polres Kota/Kabupaten Bengkulu menangani beberapa kasus besar. Diantaranya Curas, Jambret, Curanmor, Narkoba hingga Operasi Tangkap Tangan Pungli.

Untuk pungli, ditangani oleh timsus Jatanras Polda Bengkulu. Dimana pihaknya berhasil mengamankan tiga pemuda warga Kota Bengkulu. Ketiganya diduga memeras pihak Saimen Bakery ketika sedang melakukan operasi muatan barang.

Selain itu pihaknya juga melakukan ekspose terhadap tindakan jambret yang dilakukan warga Padang Kabu Kecamatan Padang Tepung Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan.

Pelaku diketahui bersikap sadis terhadap korban, bahkan peristiwa yang terjadi pada tahun 2014 lalu. Sempat mengancam korban dengan pisau, jika tidak menuruti keinginan pelaku.

Selain itu, empat tersangka lainnya Kencana, Jun, Dar atau Wani dan Iskandar. Yang merupakan pelaku pencurian motor yang kerap beraksi di kawasan Kabupaten Bengkulu Utara.

Para pelaku beraksi ketika melihat korban yang melintas di jalan ketika situasi sedang sepi. Melihat kondisi memungkinkan, para pelaku mulai beraksi.

Direskrimum Polda Bengkulu Kombes Pol A Rafik para pelaku menggunakan senjata api rakitan. Dari pengakuan mereka, senjata tersebut dibeli dari Provinsi Lampung. Perkara ini ditangani oleh jajaran Polres Bengkulu Utara.

“Dua yang berhasil lolos dahulu sudah kita amankan dalam seminggu ini. Dari modus para pelaku bertugas ketika melihat korban melintas di kawasan jalan yang sepi. Ada yang memantau, hingga ada yang mengeksekusi. Dalam aksi mereka pelaku mengancam dengan senjata api,” ujar Rafik kemarin Selasa (11/04) saat jumpa pers bersama.

Sementara itu, Polres Bengkulu juga mengungkap beberapa kejahatan yang berhasil diselesaikan. “Juga ada pelaku pencurian mobil hingga motor. Rata rata para pelaku ini dari luar, seperti pencurian mobil itu pelaku juga berasal dari luar Provinsi Bengkulu,” tambahnya. Ungkapan kejahatan para pelaku dikawasan Kabupaten Kepahiang pun digelar.

Jajaran Polres Kepahiang membekuk oknum curas di kawasan lintas perbatasan Kabupaten Kepahiang. “Ini juga kita berhasil ungkap, tindakan kejahatan yang berada di jajaran Polres Kepahiang. Dengan barang bukti Sajam yang dibawa oleh pelaku ketika beraksi,” lanjut Rafik.

Menanggapi hal ini, menurut Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Yovianes Mahar melalui Wakil Kapolda Bengkulu Kombes Pol Agus Kurniady Sutisna didampingi Irwasda Polda Bengkulu Kombes Pol Mifathor Rachman mengatakan, para pelaku kejahatan yang kerap bertindak kejahatan rata rata merupakan warga yang berasal dari luar Provinsi.

Agus pun mengucapkan berterimakasih dengan masyarakat. Dimana masyarakat merupakan pendukung pihak Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Setelah diungkap semua ini, mereka pelaku merupakan rata rata warga dari kawasan luar Provinsi Bengkulu sehingga kita saling bersinergi di jajaran Wilayah lainnya. Namun dari ungkapan ini juga dibantu oleh masyarakat. Kita mengimbau, agar masyarakat jika mengetahui adanya tindakan kejahatan langsung lapor dengan kita,” imbuhnya Selasa (11/04) kemarin.

Tampak hadir dalam jumpa pers diantaranya Direktur Resnarkoba Polda Bengkulu AKBP Imam Sachroni, Wadir Resnarkoba Polda Bengkulu AKBP Supriyadi, Kasubdit Jatanras Polda Bengkulu AKBP Max Mariners dan Kasubbid Penmas Polda Bengkulu Kompol Mulyadi. (run)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY