Bentuk Koperasi Berbasis Majelis Taklim

Bentuk Koperasi Berbasis Majelis Taklim

144
BERBAGI
Lukman Hakim

RBO, BENTENG – Pemda Bengkulu Tengah melalui OPD terkait diminta memperkuat basis ekonomi warga melalui kegiatan koperasi berbasis majelis taklim. Dengan demikian diharapkan kehadiran koperasi ini bisa menjawab keluhan warga selama ini terkait kegiatan ekonomi kelompok warga yang ada di pedesaan. Selain itu, dengan bebasis majelis taklim, maka kemungkinan adanya penyimpangan atau kredit macet pada perbantuan modal bisa diminimalisir lantaran pengetahuan agama para anggota koperasi.

“Kegiatan ekonomi koperasi sudah terbukti memiliki andil cukup bagus dalam membangun basis ekonomi warga. Sebab itu, kami minta Dipersindagkop dan UMKM memfasilitasi pembembentukan koperasi pada level desa yang berbasis majelis taklim,” ungkap anggota DPRD dari Fraksi PKB, Lukman Hakim.

Dia menambahkan koperasi yang dimaksud adalah koperasi yang berbadan hukum yang kegiatannya betul-betul berasaskan pada prinsip gotong royong, khususnya pada koperasi produksi dan simpan pinjam.

“Setiap desa memiliki potensi ekonomi yang bisa dikembangkan. Salah satu lembaga yang dapat menguatkan kegiatan ekonomi tersebut adalah koperasi. Jadi tidak ada salahnya Pemda Benteng memfasilitasi pembentukan, sehingga nantinya kaum ibu-ibu atau muda-mudi bisa berkegiatan ekonomi melalui koperasi. Apalagi dengan berbasis majelis taklim maka kegiatan ekonomi warga benar-benar bisa hidup,” jelas Lukman.

Menurutnya dengan adanya koperasi berbadan hukum yang dibentuk dan diurus oleh warga secara gotong royong maka dengan sendirinya bisa menghilangkan praktek-praktek linternir yang merugikan warga.

“Jangka panjang tentu bisa menghilangkan dampak negatif dari linternir, koperasi tentu berasaskan keadilan. Mudah-mudahan dengan adanya koperasi di tingkat desa bisa menjadi basis ekonomi kita dalam menghadapi MEA ini,” ungkap politisi PKB ini. (tan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

five × 3 =