TDL 900 VA 150 Ribu RTM Naik

TDL 900 VA 150 Ribu RTM Naik

BERBAGI
IST/RBO: ILustrasi TDL Naik Lagi

RBO, BENGKULU – Awal Mei nanti, Tarif Dasar Listrik (TDL) akan kembali naik. Hal ini seperti disampaikan oleh Manager Area PLN Bengkulu Paris El Hakim ST. Akan tetapi yang naik itu khusus TDL untuk listrik dengan daya 900 bagi Rumah Tangga Mampu (RTM).

“Mulai tanggal 1 Mei nanti, ada kenaikan TDL untuk 150 ribu pelanggan listrik subsidi khusus daya 900 yang masuk kategori RTM. Naiknya dari 1.079 menjadi 1.352,” ungkap Paris El Hakim saat dihubungi, Minggu (16/4).

Kenaikan TDL sejak awal tahun 2017, atau sejak Januari lalu sudah dilaksanakan naik tahap pertama. Kemudian periode Maret dan April tahap kedua juga sudah dilaksanakan. Dan untuk periode bulan Mei nanti, itu adalah tahap ketiga, tapi yang tahap ketiga ini khusus listrik subsidi yang masuk aktegori RTM.

“Nanti di bulan Juli akan ada penyesuaian tarif lagi atau kalau istilahnya itu udjustment. Dimana dalam tahap udjustmen ini akan dipengaruhi tiga hal yaitu kurs dolar, bahan harga minyak mentah dan inflasi,” terangnya.

Dan untuk pelanggan listrik di Provinsi Bengkulu saat ini, menurut Manager Area PLN Bengkulu tersebut, saat ini berkisar 467 ribu. Sedangkan yang menggunakan listrik subsidi dan masuk kategori RTM berjumlah 150 ribuan.

“Jadi untuk yang tanggal 1 Mei ini hanya listrik subsidi dengan kategori RTM yang naik, sedangkan yang lainnya tidak. Nanti untuk pelanggan PLN khusus 900 VA akan terbagi dua, pertama konsumen miskin dan tidak mampu dengan daya 900 VA yang disubsidi, yang kedua yaitu R-1/900 VA-RTM dan tidak disubsidi. Dan tujuan pemerintah menaikkan TDL itu agar pengguna listrik subsidi bisa tepat sasaran dan anggarannya nanti akan dialihkan untuk listrik desa,” pungkasnya. (idn)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

5 × one =