Hmm…Rupanya Ini Sebab Dana Desa Belum Cair

Hmm…Rupanya Ini Sebab Dana Desa Belum Cair

293
BERBAGI
Ilustrasi ADD

RBO, CURUP – Teka-teki belum bisa diprosesnya pencairan Dana Desa (DD) tahap satu tahun 2017 akhirnya terungkap. Kabar baiknya, tidak lama lagi para Kepala Desa sudah dapat melakukan proses pencairan sesuai dengan kesiapan masing-masing desa.

Tenaga Ahli Pendamping Kabupaten, Ir. Imran Husein, kepada wartawan Radar Bengkulu, kemarin (17/04), menerangkan bahwa penyebab belum diprosesnya pencairan Dana Desa tahap pertama tahun 2017 lantaran adanya perbedaan penafsiran jenis laporan yang diminta lembaga Keuangan Pemda Rejang Lebong dengan laparan yang telah dibuat oleh Pemerintahan Desa.

“Jadi kalau saya amati ternyata ada perbedaan istilah semata. Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Rejang Lebong menyebutkan istilah laporan konsolidasi sedangkan di Pemeritahan Desa laporan realisasi kegiatan Desa. Selain itu, adanya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 2017 yang baru keluar dalam beberapa hari lalu juga ada perbedaan penafsiran dimana Proses pencairan harus melalui KPPN padahal proses pencairan bisa langsung ke rekening pemerintah daerah dan laporannya disampaikan kepada KPPN,” ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, proses pencairan DD tahap 1 sudah bisa dilakukan dengan catatan sebagaimana tertuang dalam PMK yang baru bahwa setiap Kades harus membuat RAB dan gambar kegiatan yang akan dilaksanakan. Selain itu juga, Kepala Desa harus menyiapkan fotocopy dokumen RPJMDes tahun 2018, fotocopy APBDes termasuk dokumen yang asli, fotocopy RKPDes. Dokumen tersebut selanjutnya disastukan satu rangkap dan kemudian diserahkan kepada pihak Kecamatan untuk dilakukan pemeriksaan.

“Setelah dinyatakan lengkap oleh Kecamatan maka Camat akan mengeluarkan surat rekomendasi pencairan yang ditujukan kepada Bupati melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong untuk dilakukan verifikasi lagi. Bila dinyatakan lengkap oleh pihak PMD maka bisa dilakukan pencairan kepada BPKAD. Jadi siapa yang sudah siap bisa langsung melakukan pencairan,” jelasnya. (gol)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

1 + fifteen =