Juni Terbentuk Timsel, Agustus Panwaslu Sudah Pelantikan

Juni Terbentuk Timsel, Agustus Panwaslu Sudah Pelantikan

351
BERBAGI
Iwan/RBO: Ediansyah Hasan SH, MH

RBO, BENGKULU – Guna menghadapi Pilwakot tahun 2018 yang akan mulai dilaksanakan tahapan sejak Agustus tahun 2017 ini, maka dari Bawaslu Provinsi Bengkulu juga akan melakukan persiapan dengan membentuk Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat Kota Bengkulu.

“Untuk pembentukan Panwaslu Kota Bengkulu, itu akan terlebih dahulu dibentuk timsel. Timsel ini nanti dibentuk oleh Bawaslu pusat. Dan kita yang di daerah akan menerima siapa saja yang ditetapkan menjadi Timsel nanti. Dua bulan sebelum tahapan, Timsel sudah dibentuk dan bekerja. Artinya, sekitar Bulan Juni 2017 ini, Timsel sudah ada,” ungkap anggota Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran (HPP) Bawaslu Provinsi Bengkulu Ediansyah Hasan SH, MH, Selasa (18/4).

Dijelaskan oleh Ediansyah Hasan, Timsel itu bekerja dua bulan sebelum tahapan dimulai. Dan untuk Panwaslu saat dimulainya tahapan, mereka sudah harus terbentuk. “Agustus itu, prediksi kita Panwaslu sudah dilantik. Dan ketika tahapan dimulai, maka Panwaslu juga sudah ready,” jelasnya.

Untuk Timsel sendiri, selain dibentuk oleh Bawaslu pusat, Timsel itu nanti merupakan unsur dari akademisi, serta tokoh masyarakat yang ada.

“Timsel itu lima orang. Nanti tugas Timsel melakukan seleksi penjaringan untuk Calon anggota Panwaslu Kota Bengkulu. Setelah mereka melakukan serangkaian test, maka enam besar hasil seleksi Timsel akan diserahkan pada kami Bawaslu Provinsi Bengkulu. Dimana dalam enam besar itu nanti, kami akan melakukan Fit And Proper Test (FPT) guna menetapkan tiga nama yang nantinya akan menjadi anggota Panwaslu Kota Bengkulu saat Pilwakot nanti,” pungkas Ediansyah Hasan. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

one × four =