Hijazi Dorong Perbankan Lirik Sektor Pertanian Berikan KUR

Hijazi Dorong Perbankan Lirik Sektor Pertanian Berikan KUR

99
BERBAGI
Ahmad Hijazi

RBO, CURUP – Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi, meminta agar pihak perbankan dapat memberikan peluang di sektor pertanian dan sektor lainnya untuk bisa menikmati program Kredit Usaha Mikro. Karena menurut dia selama ini, dominasi KUR selalu dinikmati para pelaku usaha disektor perdagangan, sedangkan sektor lainnya masih sangat minim.

Hal itu terbukti dari data Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ada di Rejang Lebong, bahwa saat ini penyaluran kredit masih didominasi pada sektor perdagangan.”Bila kita totalkan secara umum dari total KUR yang ada di Provinsi Bengkulu, 52,2% penyaluran KUR didominsi dari sektor perdagangan. Termasuk di RL,” jelasnya.

Sedangkan sektor pertanian, kehutanan, dan perburuan menempati posisi kedua dengan porsi sebesar 22,9%. Dari rincian tersebut berarti masih ada sisa sekitar 24,9% yang terbagi atas sektor-sektor unggulan lainnya di Kabupaten Rejang Lebong. Misalnya saja seperti Perikanan dan Industri. Hal inilah yang ingin lebih dimaksimalkan lagi oleh Hijazi untuk meningkatkan akses KUR.

“Masih bayak sektor unggulan kita. Seperti misalnya perikanan dan industri yang masih cukup besar peluangnya untuk meningkatkan akses KUR,” katanya.

Dikatakan Hijazi, bahkan dari data yang dikeluarkan oleh pihak Kementerian Keuangan bahwa hingga Maret 2017, tercatat sebesar Rp 1,3 miliar dana telah disalurkan kepada 329 debitur yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Ia berharap degan besarnya peluang tersebut, para pihak perbankan khususnya yang memiliki program KUR agar dapat memaksimalkan jangkauannya.

Pihak perbankan diharapkan dapat memberikan bantuan peminjaman dan bahkan arahan dalam rangka membantu perekonomian masyarakat Rejang Lebong. “Apalagi saat ini ada program KUR tanpa agunan, yang tentunya kami harapkan dapat terus dikembangkan untuk membantu perekonomian masyarakat,” tutupnya. (gol)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

nineteen − ten =