Putusan DKPP, Penyelenggara Bisa Dipecat

Putusan DKPP, Penyelenggara Bisa Dipecat

145
BERBAGI
Iwan/RBO: Ediansyah Hasan SH, MH

RBO, BENGKULU – Kendati hasil keputusan DKPP terhadap laporan dari salah satu tim Paslon Bupati dan Wakil Bupati di Bengkulu Tengah sudah tidak lagi mempengaruhi hasil Pilkada Benteng, akan tetapi keputusan DKPP itu nantinya bisa berdampak terhadap penyelenggara.

“Sidang DKPP sudah dilaksanakan, dan saat ini masih menunggu keputusan dari hasil sidang tersebut. Dalam keputusan DKPP nanti, memang tidak berdampak lagi terhadap hasil Pilkada. Hanya saja bisa berdampak terhadap penyelenggara. Bahkan sanksi terberat penyelenggara bisa dipecat,” ungkap anggota Divisi HPP Bawaslu Provinsi Bengkulu, Ediansyah Hasan SH, MH.

Dalam sanksi yang akan diberikan DKPP, nanti ada beberapa tingkatan. Yaitu teguran ringan, sedang dan berat.

“Kendati hanya teguran ringan, namun hal itu tetap akan mempengaruhi dampak dari karir penyelenggara. Sebab sanksi yang diberikan akan jadi tolak ukur integritas penyelenggara pemilu,” terangnya.

Dan untuk sanksi terberat bagi penyelenggara hasil putusan DKPP nanti dengan pemecatan, maka kedepan penyelenggara tersebut akan sulit untuk bisa kembali dipercaya menjadi pejabatat Negara.

“Kalau sampai pemecatan, selain tidak bisa lagi jadi penyelenggara pemilu, juga gak bisa lagi jadi pejabat negara,” tambahnya.

Kemudian untuk hasil putusan sidang DKPP sendiri terhadap laporan keberpihakan penyelenggara terhadap salah satu Paslon karena menghadiri acara Bimtek saksi salah satu Paslon di Benteng, Ediansyah menuturkan mungkin nanti akan diumumkan oleh DKPP pusat.

“Mungkin tidak lama lagi keputusannya akan diumumkan oleh DKPP secara serentak dengan keputusan sidang DKPP terhadap Pilkada di daerah lainnya di Indonesia,” pungkasnya. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

five × 2 =