Songsong Visit 2020 Ini Persiapan Disparprov

Songsong Visit 2020 Ini Persiapan Disparprov

92
BERBAGI
Bengkulu 2020

RBO, BENGKULU – Persiapan guna menyongsong program Visit Bengkulu 2020 Wonderful Bengkulu terus di matangkan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui OPD tekhnis terkait.

Seperti Rabu kemarin (19/4) Dinas Pariwisata Provinsi (Disparprov) Bengkulu menggelar agenda Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Pariwisata Menuju Visit 2020 disalah satu hotel di Kota Bengkulu.

Sementara itu, agenda yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Bengkulu Dr.drh.H.Rohidin Mersyah, MMA kemarin dihadiri Plt Sekda H.Gotri Suyanto, Plt Asisten 1,2 dan 3, 104 pejabat eselon 2 dan 3, Dinas Pariwisata kabupaten/kota. Disisi lain, narasumber agenda kemarin dari Kementerin Pariwisata dan Unib. Agenda digelar selama 3 hari, yakni mulai tanggal 19-21 April 2017.

“Dalam menyambut event 2020 ini kuncinya pihak OPD-OPD, baik kabupaten dan provinsi diharapkan punya wawasan satu kesatuan. Jadi  dengan agenda Bimtek ini diharapkan mereka siap secara Sumber Daya Manusia dan event-eventnya,” ungkap Kepala Disparprov Bengkulu Yudi Satria DA, kemarin (19/4).

“Sekarang prosesnya sudah mulai, seperti sosialisasi toilet umum bersih bagi hotel, bandara, sekolah, restoran, dll. Termasuk gerakan Smilling of Bengkulu,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah,MMA mengatakan, dalam rangka menyongsong Visit 2020, disamping harus mempersiapkan infrastruktur pariwisata termasuk objek-objek destinasi wisatanya, baik itu wisata sejarah, budaya maupun wisata alam, yang tidak kalah pentingnya adalah  menyiapkan tenaga tekhnis SDM.

“Selama tiga hari kedepan dilaksanakan Bimtek terkait dengan peningkatan kapasitas kemampuan dari SDM Pariwisata, baik ditingkat provinsi maupun di kabupaten/kota,” jelasnya.

Sementara itu, Rohidin berharap pasca mengikuti Bimtek tersebut para pesertanya dapat menjadi narasumber di daerahnya masing-masing.

“Apa yang harus di lakukan? Perbaikan infrastrukturnya seperti apa?, menyiapkan materi destinasi wisatanya seperti apa?, program-program dalam rangka mengubah sikap prilaku masyarakat agar betul-betul menjadi masyarakat sadar wisata seperti apa?, termasuk upaya bentuk-bentuk promosi daerah, terkait pariwisata seperti apa, kemampuan tekhnis seperti itu yang harus dimiliki oleh SDM-SDM Pariwisata baik ditingkat provinsi maupun ditingkat kabupaten/kota,” ulasnya.

“Kita berharap kabupaten/kota juga melakukan hal yang serupa pada tingkat kabupaten/kota yang diikuti oleh OPD-OPD tekhnis diseluruh kabupaten/kota sehingga program Visit Bengkulu 2020 bisa sukses,” pungkasnya. (ags)

Sekadar informasi, Provinsi Bengkulu dalam Visit Bengkulu 2020 akan menggelar 5 program prioritas. Diantaranya, Bencoolen Festival di Kota Bengkulu, Lake Festival di Kabupaten Lebong, Marine Festival di Enggano dan 7 daerah pesisir, Mountain Festval di Kepahiang dan Flower Festival di Kabupaten Rejang Lebong. (ags)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

three × three =