Puasa & Lebaran Tahun Ini Serentak

Puasa & Lebaran Tahun Ini Serentak

235
BERBAGI
IST/RBO: NU dan Muhammadiyah

Berdasarkan Hisab Hakiki Wujudul Hilal

RBO, BENGKULU – Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) tahun ini Puasa dan lebaran serentak. Dikatakan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Bengkulu Dr. H. Syaifullah M.Ag sesuai dengan surat edaran yang diterima pihaknya pada 16 Januari 2017 lalu dipastikan puasa dan lebaran tahun semuanya seluruh Indonesia serentak.

“Itu Berdasarkan Hisab hakiki wujudul hilal atau bulan yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta,” terang Syaifullah saat ditemui di ruang kerjanya kemarin, (19/4).

Sesuai dengan posisi hilal atau bulan pada saat matahari terbenam di Akhir bulan sebelumnya itu sudah di atas 08 derajat (Hilal Sudah wujud), itu mempertandakan sudah memasuki 1 Ramadan.

“Jika itu sudah terjadi, berarti kita sudah mulai puasa. Sedangkan NU memasuki Ramadhan posisi hilal itu 3 derajat, sedangkan hilal pada pergantian bulan tahun ini 8 derajat berarti semuanya serentak. Sedangkan untuk memasuki 1 Syawal sesuai dengan hasil yang diinstruksikan Pimpinan Pusat yaitu jatuh tepat pada tanggal 25 Juni 2017. Yang mana pada saat itu posisi hilal sudah 3 derajat, yang jelas puasa dan Idul Fitri tahun ini serentak,” tambahnya. (cw5)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

13 − seven =