Wilson Menolak Diperiksa Sebagai Tersangka Korupsi

Wilson Menolak Diperiksa Sebagai Tersangka Korupsi

229
BERBAGI
Dedi/RBO: Wilson diperiksa Sebagai Tsk Penyidik Kejari Kemarin

PH Nilai Penahanan Ilegal

RBO, BENGKULU – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bengkulu, Wilson (WL) melakukan perlawanan. Pria tegap yang ditahan Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Rabu, (19/4) menolak diperiksa sebagai tersangka korupsi. Selain itu penasihat hukumnya juga tetap mengatakan penahanan Wilson ilegal.

Penasihat Hukum Wilson, Made Sukiade menolak kliennya diperiksa sebagi tersangka. Mereka menilai penahan yang dilakukan penyidik tidak sah secara hukum.
“Awalnya klien saya (Wilson) kemarin itukan diperiksa sebagai saksi. Dalam hitungan menit dari status saksi kemudian dinaikkan menjadi tersangka. Sedangkan klien saya belum pernah diperiksa seabgai tersangka kan aneh,” kata Made saat mendampingi kliennya saat diperiksa sebagai tersangka kemarin.
Dirinya sangat keberatan atas penahanan yang dilakukan oleh Penyidik. Karena sebelumnya kliennya belum pernah diperiksa sebagai status tersangka.
“Setelah ditetapkan sebagai tersangka dan langsung dilakukan penahanan. Saya selaku Penasihat hukumnya sangat keberatan. Saya nilai penahanan itu tidak sesuai dengan prosedur,” terang Made.
Tidak terimanya penahanan itu dirinya sebagai PH yang ditunjuk oleh yang bersangkutan mengajukan upaya hukum.
“Tindakan hukum pasti kami lakukan. Kami akan ajukan permohonan praperadilan ke Pengadilan Negeri Bengkulu. Penyataan itu sudah saya sampaikan pukul 08 pagi tadi (Pagi kemrin red). Sekarang Penyidik mau memeriksa sebagai tersangka kamipun menolak. Sekarang kita menanda tangani berita acara dalam konteks pemeriksaan itu. Yang jelas penahanan yang dilakukan Penyidik kami anggap ilegal,” bebernya.
Terpisah Kajari Bengkulu I Made Sudarmawan SH, MH melalui Kasi Pidsus Irvon Desvi Putra SH mengatakan, memang pada hari ini dijadwalkan pemeriksaan sebagai tersangka untuk melengkapi berkas perkara dan sekarang yang bersangkutan sudah menujukkan PH yang mendampinginya.
“Kalalau dia (Wilson) menolak untuk diperiksa sebagai tersangka, saya kira itu tidak masalah. Itukan hak mereka untuk menolak diperiksa sebagai tersangka,” singkat Irvon. (cw5)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

15 − 14 =