Peringati Hari Kartini Perempuan Bengkulu Dituntut Semakin Tangguh

Peringati Hari Kartini Perempuan Bengkulu Dituntut Semakin Tangguh

236
BERBAGI
Iwan/RBI: Ketua IWAPI Bengkulu Trisna Anggraini S.Ip, MM.

RBO, BENGKULU – Merefleksikan peringatan Hari Kartini diera persaingan globalisasi sekarang ini, kaum perempuan khususnya yang ada dalam wilayah Bengkulu, dituntut untuk semakin tangguh, mandiri dan berkarya. Mengingat meski keterlibatan kaum perempuan, baik dalam sektor usaha, pemerintahan, dan lembaga legislatif, saat ini diakui belum mencapai kuota 30 persen, namun dengan bangkitnya akan ada perempuan terpilih yang baru nantinya. “Dari pantauan saya, memang sudah banyak kaum perempuan khususnya ibu-ibu rumah tangga yang bergerak di bidang wirausaha, seperti membuka usaha Laundry (pencucian pakaian) dan Rumah Pangan Kita (RPK) di tempat kediamannya masing-masing. Artinya sudah ada perempuan yang bisa menghasilkan uang untuk membantu penghidupan keluarganya, kendati keuntungan yang diperolehnya tidak terlalu besar,” ungkap Ketua DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Bengkulu, Trisna Anggraini S.Ip, MM saat ditemui di kediamannya yang juga butik pakaian khas Batik Besurek La Mentique, kemarin.
Menurut Trisna, meski saat ini telah adanya para perempuan yang sudah berkarya dalam bidang perekonomian. Bahkan dikabarkan juga telah ada yang menjadi Antariksawati (sampai ke bulan), namun semua itu dinilai belum cukup, dan masih perlu dorongan serta dukungan semua, agar jumlah perempuan yang bisa berkarya dalam berbagai bidang, bisa lebih banyak lagi. “Jika dahulu kaum perempuan hanya dituntut dalam persoalan rumah tangga dengan memakai sandal jepit saja, namun saat ini sudah waktunya untuk bangkit, dan memanfaatkan waktu luangnya untuk berkarya. Sehingga bisa memberikan penghasilan tambahan bagi keluarganya. Seperti membuat keripik dari buah pisang ataupun dari tepung,” katanya.
Lebih jauh dijelaskan Trisna, dalam menumbuh kembangkan semangat berkarya bagi kaum perempuan, khususnya yang masih berada di jenjang perkuliahan, organisasi IWAPI melalui program Goes To Kampus, ingin memberikan kontribusi yang positif terhadap generasi penerus bangsa, agar ikut andil dalam menentukan arah pembangunan, khususnya dalam wilayah Provinsi Bengkulu ini. “Dalam Goes To Kampus yang saat ini kita sedang persiapkan, kita ingin memberikan motivasi khususnya bagi kaum perempuan generasi penerus bangsa untuk berkarya. Dan sekarang sudah waktunya, mari kita tunjukan kepada public,” terangnya.
Ditambahkan Trisna, dalam memperingati Hari Kartini tahun 2017 ini, pihaknya juga mengajak kaum perempuan yang ada dalam wilayah Bengkulu untuk bersama-sama menyaksikan pemutaran film Kartini di Bioskop XXI Bengkulu. “Tujuan kita mengajak kaum perempuan untuk menyaksikan pemutaran perdana film Kartini di layar lebar itu, sebagai wujud rasa syukur kita yang hidup di era keterbukaan sekarang ini. Berbeda di zaman Kartini dahulu, kita lihat dari film Kartini, sebagai gambaran kecil-nya saja. Untuk itu di era sekarang, mari kita tentukan arah agar nantinya perempuan yang mampu melahirkan generasi penerus berkualitas, serta menjadi istri yang betul-betul panutan bagi anak-anak dan suami,” tutupnya.(idn)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY