Mengenal Sosok Indra Sukma, Pengagum Prof Amin Rais

Mengenal Sosok Indra Sukma, Pengagum Prof Amin Rais

260
BERBAGI
Indra Sukma

RBO, BENGKULU – Indra Sukma politisi senior Partai Amanat Nasional (PAN) Bengkulu dikenal sangat piawai dalam menjaga hubungan baik kepada semua orang. Pembawaannya yang sederhana dan murah senyum, tentunya akan membuat setiap lawan bicara akan tahu bahwa Indra seorang yang pantas diajak berkomunikasi.

Namun demikian, Indra juga dikenal sosok yang tegas lugas dan bicara apa adanya. Untuk itu, banyak lawan bicara terkadang juga simpatik dengan kejujuran pria kelahiran Bengkulu 17 Desember 1974 ini.

“Lebih baik bicara jujur apa adanya, dari pada berbohong namun nantinya akan ketahuan juga,” kata Pria yang sudah dikaruniai 4 anak.

Pria yang akrab disapa Ucok ini terjun ke dunia politik sejak tahun 1998. Secara jujur, Dia mengaku mulai tertarik dengan dunia politik ketika melihat kelugasan cara berpikir tokoh Nasional Amin Rais.

“Sejujurnya, beliau itu sosok tokoh nasional yang saya kagumi. Makanya saat itu saya tunggu tindaklanjut Deklarasi PAN di Jakarta sampai ke Bengkulu. Saya sampai datang sendiri ke kantor PAN mendaftarkan diri,” kenangnya.

Sejak tahun 1998 sampai 2001, Indra langsung dipercaya untuk menjadi Ketua Ranting PAN kelurahan Panorama. Diyakini karena kejujuran dan kemampuannya, karir politik Indra terus menanjak naik. Terbukti, pada tahun 2002 sampai 2005 Dia dipercaya menjadi Wakil Bendahara DPD PAN Kota Bengkulu. Bahkan tahun 2005 sampai 2010, lagi lagi Indra diamanahkan jabatan strategis yakni Wakil Ketua DPD PAN Kota, lalu periode selanjutnya Dia diminta menjadi Sekretaris DPD PAN Kota.

Saat ini Indra dipercaya mengatur keuangan DPD PAN Kota dengan jabatan Bendahara.

Namun, meski karir jabatan Indra selalu menanjak naik bukan berarti Dia tidak pernah mengalami kegagalan. Dia mulai berani mencalonkan diri sebagai wakil rakyat tahun 2009, saat itu Indra belum mendapati amanat itu. Namun kesabaran dan kegigihan Indra membuahkan hasil, terbukti masyarakat kota khususnya Dapil 1 telah mempercayai Dia untuk menyuarakan suara rakyat. Dia saat ini telah mengemban tugas di DPRD Kota Bengkulu. Dia juga aktif di Organisasi pemberdayaan masyarakat, pernah jadi Ketua LPM kelurahan Panorama dan Sekretaris Forum LPM se Kota Bengkulu.

“Sejatinya tujuan saya terjun ke dunia politik ini, karena saya ingin berkontribusi, ingin ikut serta membangun daerah ini. Saya pikir, dengan menjadi dewan maka saya bisa terlibat langsung dalam membuat kebijakan daerah, baik melalui pembentukan Peraturan Daerah (Perda), maupun melalui Penganggaran,” sampai Dia.

Terpenting lanjut Indra, ketika Dia duduk di lembaga Dewan maka dia juga bisa berkesempatan menjaring, menampung dan membantu aspirasi masyarakat. “Saya berjuang melalui jalur politik. Saya membuka diri, siapapun boleh menegur, mengingatkan dan menasehati saya, jika saya lupa dan tak amanah,” tutup Dia. (lay)

Biodata
Nama       : Indra Sukma
Pekerjaan : Anggota DPRD Kota
Istri         : Ernita
Anak        : 1.Dzakwan HM
2. Aflah AM
3. Vivian Zahra
4. Anna Shakila

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

4 + 19 =