11 Koruptor Bangun RS MM Divonis 1 Tahun Penjara

11 Koruptor Bangun RS MM Divonis 1 Tahun Penjara

BERBAGI
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Sebelas orang terdakwa Kasus Korupsi Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mukomuko divonis Majelis hakim 1 tahun penjara. Dan harus membayar denda masing-masing Rp 50 juta. Mereka yakni, Yusetyad Persada, MT selaku PPK dan sekaligus Pengguna Anggaran (PA), Hermonaldi ST selaku PPTK, Ir. Popo Suparma selaku Project Manager PT Perusahaan Perumahan sekaligus merupakan perusahaan pemenang tender proyek pembangunan RS Mukomuko. Kemudian Agus Sugandi tim PHO yaitu, Deni Arahman, Abdul Hadi, B. Hamzah, Novrizal Eka Putra, Berdi Hadinata dan Agustian. Kesebelas terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama.

Sidang yang diketuai Dr. Jonner Mnanik SH, MH dan hakim anggota Yanita SH, MH dan Agus Salim SH, MH dalam amar putusannya mengatakan, memang kesebelasan terdakwa terbukti secara sah dan yakinkan melakukan tindak pidana Korupsi.

Dan dirinya tidak sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang mana sebelumnya menuntut kesebelasan terdakwa 1 tahun 6 bulan penjara. Sesuai dengan fakta dan keterangan saksi yang terungkap di muka persidangan dan mereka bersedia mengembalikan kerugian negara yang telah ditentukan BPKP. Hal itulah yang membuat keringanan terhadap terdakwa.

“Kesebelasan terdakwa terbukti melanggar pasal Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” ujar Jonner Manik dalam Amar putusannya di muka persidangan kemarin, (4/5).

Sementara itu salah satu Penasihat Hukum (PH) kesebelasan terdakwa Abdul SH, MH megatakan, atas putusan tersebut dirinya mungkin melemparkan ke kliennya terlebih dahulu.

“Untuk mengambil langkah hukum, kita masih mikir-mikir, sekarang belum ada kepastian,” cetusnya. (cw5)