Angka Kemiskinan Seluma Tembus 42.470 Orang

Angka Kemiskinan Seluma Tembus 42.470 Orang

BERBAGI:

RBO, SELUMA – Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Seluma mencatat penduduk yang masih hidup di bawah garis kemiskinan hingga tahun ini mencapai 42.470 orang atau diangka 22, 98 persen dari total jumlah penduduk yang ada.

“Dari survey dan data yang ada, angka kemiskinan kategori Makro di Kabupaten Seluma berjumlah 42.470 penduduk miskin. Atau 22, 98 persen dari total jumlah penduduk yang ada,” kata Kepala Seksi (Kasi) Statistik Sosial, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Seluma, Guswandi Alfian, Jumat (5/5).

Angka itu naik dari tahun 2014 lalu yang hanya mencapai 38.940 masyarakat miskin atau 21,17 persen dari total jumlah penduduk. “Dalam pendataannya, petugas melibatkan aparat pemerintahan desa atau kelurahan, untuk kemudian dilakukan survey sesuai data yang ada,” ujar dia.

Dari hasil survey dan pemutakhiran data oleh tim Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) BPS diserahkan ke Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

“Jumlah tersebut bisa berkurang, juga bisa bertambah seiring terjadinya perubahan ekonomi,” jelas dia.

Berbeda dengan angka kemiskinan kategori Mikro, pada kategori ini, sistem pendataan ditentukan oleh TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) dengan garis kebijakan yang berasal dari Wakil Presiden, Wakil Gubernur dan Wakil Bupati. (One)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

thirteen + eleven =