Masyarakat Miskin Bisa Dapat Subsidi Listrik

Masyarakat Miskin Bisa Dapat Subsidi Listrik

BERBAGI
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Kenaikan tarif listrik daya 900 VA bagi warga masyarakat yang mampu sejak tanggal 1 Mei lalu tak masalah bagi orang miskin. Dijelaskan oleh Manager Area PLN Bengkulu Paris El Hakim ST, khusus bagi warga masyarakat tidak mampu masih bisa dapat listrik subsidi.

“Memang per tanggal 1 Mei lalu tarif listrik 900 VA mengalami perubahan 30 persen. Dari sebelumnya Rp 1.034/KWH menjadi Rp 1.352/KWH. Tapi hanya untuk kategori pelanggan yang mampu. Sedangkan bagi masyarakat miskin, tetap bisa dapat subsidi,” ungkap Paris El Hakim, Jumat (5/5).

Sebelumnya, secara nasional Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) telah mencatat ada sebanyak 18.7 juta pelanggan listrik, 900 VA yang masuk golongan mampu dan tidak layak disubsidi. “Tapi bagi yang benar-benar tidak mampu, maka masih bisa menikmati listrik bersubsidi,” urainya.

Adapun, bagaimana cara untuk tetap mendapatkan listrik subsidi bagi warga masyarakat miskin, Paris menjelaskan mekanisme pengaduan penerapan subsidi listrik tepat sasaran. “Caranya gampang kok, jika memang masuk kategori warga tidak mampu, maka bisa dibuktikan dengan surat keterangan dari ketua RT. Kemudian dilaporkan ke pihak kelurahan/desa, kemudian ke kecamatan.

Nanti data yang masuk akan di entri secara online oleh masing-masing kabupaten/kota. Pihak PLN akan melakukan pencocokan data pengadu dan jika memang termasuk kategori warga miskin serta tidak mampu, TNP2K akan melaporkan hasil verifikasi kepada Ditjen ketenagalistrikan. Sebenarnya kita bukan melakukan kenaikan tarif, melainkan penyesuaian,” pungkas Paris. (idn)