Wabup MM ‘’PD’’ Hasil Pemeriksaan BPK, Baik

Wabup MM ‘’PD’’ Hasil Pemeriksaan BPK, Baik

BERBAGI
Wakil Bupati_Mukomuko
BERBAGI:

RBO, MUKOMUKO – Sesuai dengan janji tim Auditor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) wilayah Kabupaten Mukomuko, pihaknya akan melakukan pemeriksaan pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Mukomuko selama 33 hari dan kemarin tim BPK berpamitan dengan Pemerintah Kabupaten Mukomuko yang dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Mukomuko, Haidir, SIP dan sejumlah pejabat eselon II, Jumat (5/5) di Aula Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Mukomuko.

Ditanya soal keyakinan tentang hasil pemeriksaaan tersebut, Haidir PD (Percaya Diri, red) hasil pemeriksaan tersebut mendapat penilaian yang baik.

“Kita sangat PD kalau hasilnya nanti akan baik. Sudah menjadi komitmen kita akan melakukan perbaikan dalam pengelolaan keuangan daerah. Sekalipun terdapat kesalahan pada nantinya, akan menjadi bahan evaluasi kedepanya,” ujar Haidir.

Disampaikannya, pada saat proses pemeriksaan, ia tidak menerima laporan permasalahan. Dalam kata lain, baik BPK maupun pihak Pemerintah Kabupaten Mukomuko telah menjalani proses pemeriksaan sesuai SOP.

“Pemeriksaan ini merupakan bagian dari proses perbaikan kedepan,” singkat Wabup.

Terpisah, disinggung soal hasil pemeriksaan, Koordinator Auditor BPK wilayah Mukomuko, Acep Mulyadi mengatakan, untuk hasil resmi akan dirilis pada 31 Mei mendatang.

“Untuk hasil sementara waktu belum bisa kita sampaikan kepada siapapun. Ini baru konsep dan masih menjadi rahasia negara,” katanya.

BPK Masih Tunggu Laporan Masyarakat

Dijelaskanya, pada dasarnya, pemeriksaan realisasi APBD 2016 tidak sampai pada pemeriksaan ini. BPK dapat melaksanakan pemeriksaan khusus jika dianggap diperlukan. Misalkan adanya laporan dari masyarakat.

“Jika ada laporan dari masyarakat adanya dugaan kegiatan yang dianggap rancu, kita akan lakukan pemeriksaan. Malah bagus kita tidak perlu sampling. Pemeriksaan langsung pada kegiatan yang dilaporkan,” terangnya.

Kendati demikian, pihak BPK tidak serta merta langsung melakukan pemeriksaan setelah mendapat laporan yang dimaksud. Pasalnya, personel auditor yang minim.

“Tapi jangan salah paham. Meskipun sudah ada yang melapor, BPK tidak bisa memastikan langsung akan melakukan pemeriksaan. Tapi akan diagendakan menunggu kesiapan tim. Tidak menutup kemungkinan diperiksanya tahun mendatang,” demikian Acep. (sam)