Sukses, Wakapolda Raih Doktor Hukum

Sukses, Wakapolda Raih Doktor Hukum

BERBAGI:

“Cerita Sahabat Sekolah, Hingga Suasana Terharu”

Liputan Khusus

Ronal Utama – Bandung

RBO, BENGKULU – Karangan bunga berbaris di Gedung Universitas Padjajaran tepatnya di halaman gedung Mochtar Kusumaatdmaja Kota Bandung. Kalimat “Sukses” diberikan terhadap Wakapolda Bengkulu atas diraihnya gelar Promosi Doktor. Kombes Pol Dr Agus Sutisna, SH MH dirinya saat ini resmi menyandang gelar Doktor Hukum di Unpad Bandung.

Dimana sebelumnya, Agus menempuh pasca sarjana fakultas hukum yang selesai pada tahun 2005 di universitas yang sama. Sidang promosi yang dihadiri oleh wartawan Harian RADAR BENGKULU, melihat keluarga hingga kerabat Agus tampak ikut senang akan keberhasilan orang terdekat itu.

Tak mudah, menyelesaikan tugas hingga jenjang Sarjana Strata Tiga. Hal ini diungkapkan oleh, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Furqon, Ph.D yang juga kerabat satu sekolah Agus. Dirinya sangat bangga, atas keberhasilan teman kecilnya itu.

“Pak Sutisna, ini sudah sangat dekat dengan kita. Mereka yang datang disini semuanya, satu sekolah dari jenjang SD, SMP hingga SMA. Jadi, beliau sudah menjadi keluarga. Hampir 40 tahun berteman. Doktor merupakan jenjang pendidikan yang tinggi. Ini kebanggan bagi kita, mudah mudahan ilmunya dapat diberikan oleh masyarakat lain,” terangnya, Jumat (05/05) lalu.

Furqon menceritakan sedikit tentang kebiasaan kecil temannya itu. Semasa sekolah, dirinya bersama Agus kerab bermain layaknya anak lainnya. Saat kecil mereka kerab bermain selancar kayu, atau kerab tenar saat ini disebut “Skate Board,”.

“Kita sama sama satu kelas SMP di daerah Kelurahan Cikini Jakarta Pusat. Saat itu, dia suka main papan luncur bersama. Nonton film kartun, bahkan kita suka bolos bersama juga, hahaa,” sembari becanda.

Selain Furqon, Lily warga Kota Bandung ikut bangga melihat teman kecilnya meraih jenjang pendidikan tersebut. Menurutnya, Agus kecil kerab pendiam juga suka membaca.

“Memang dari kecil dia suka membaca, pendiam. Tapi suka bergurau juga, kalau nakal. Namanya laki laki, kalau SMP suka sering bercandaan,” tutupnya.

Penyelundupan Manusia Hingga Suasana Terharu

Agus menyelesaikan Karya Tulis Disertasi dengan judul “Penegakan Hukum Dalam Kasus Penyelundupan Manusia,”.

Dalam penyampaiannya, memberikan pengertian terkait tindakan hukum terhadap pelaku penyelundupan manusia. Menurut dirinya, selama ini kasus tersebut kerab menjerat warga dalam negeri. Namun, warga luar tak tersentuh. Kesenjangan ini menjadi pembahasan dalam karyanya.

Hingga diperlukan pembentukan satgas (satuan tugas.red) terhadap Kejaksaan, Polri, Kemenkumham, TNI hingga instansti terkait lainnya. Dalam praktik kasus itu, yang menjadi pelaku kerab berprofesi nelayan hingga travel warga dalam negeri. Sedangkan, dalam penelitiannya Banghladesh, Afganistan hingga Irak merupakan negara yang kerab memasok penyeludupan manusia itu.

Terhitung pada tahun 2000, di seluruh dunia diperkirakan antara 7 juta hingga 2 juta kaum perempuan dan anak anak mengalami penyelundupan ilegal. Dari jumlah tersebut diperkirakan 200 ribu hingga 225 ribu menjadi warga asing tenggara. Setelah memberikan penyampaian, akhirnya Ketua sidang Dr. An An Chandrawulan, S.H LL.M menutup sidang hingga memberikan kelulusan atas gelar diraih.

Suasana terharu menyelimuti gedung itu, ketika Wakapolda menyampaikan banyak terimakasih atas diraihnya kesuksesan itu.

“Saya banyak berterimakasih ke semua pihak, meraih pendidikan ini tidak mudah. Sangat susah meraih gelar ini, semua dorong dari orang tua, keluarga hingga kerabat saya,” ujarnya sembari mengeluarkan air mata.

Imbaunya, untuk menggapai gelar doktor haruslah bersungguh-sungguh dan ulet, karena yang dihadapi ialah sulit menyamakan jadwal waktu, tempat dan pemikiran pada para penguji yang bergelar guru besar. Banyak yang gagal karena itu. Selain kerabat sekolah, kegiatan itu juga dihadiri oleh, Wagub Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah, M.M, Rektor UMB Dr H Ahmad Dasan, SH MA dan mantan Kapolres Bengkulu AKBP Iksantyo Bagus Pramono SH MH. (run)

Rangkaian Kegiatan Sidang Promosi Gelar Doktor Hukum Wakapolda Bengkulu Kombes Pol Drs Agus Kurniady Sutisna, SH, MH di Universitas Padjajaran Bandung.
1.Wagub Memberikan Selamat Terhadap Wakapolda Atas Gelar Doktor Hukum
2. Wakapolda dan Istri Tercinta Serta Penguji
3. Wakapolda dan Istri Tercinta bersama Dirlantas, Rektor UMB, Mantan Kapolres Bengkulu dan Wagub Bengkulu
4. Sahabat Semasa Sekolah
5. Ucapan Syukur Atas Gelar Doktor

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

nine − two =