PLN Cabut 8000 Sambungan Subsidi Listrik

PLN Cabut 8000 Sambungan Subsidi Listrik

162
BERBAGI
PLN

RBO, CURUP – Saat ini Manajemen PT PLN Rayon Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu mengaku telah mencabut subsidi terhadap 8.000 pelanggan listrik 900 VA yang tersebar dalam 15 Kecamatan karena dinilai sudah mampu. Subsidi itu berlaku juga terhadap warga yang tinggal di perumahan bersubsidi yang tersebar di wilayah Kota Curup.

Dihubungi wartawan, Manajer PT PLN Rayon Curup A Rafiko, Minggu (07/05), menjelaskan pencabutan subsidi untuk pelanggan listrik 900 VA di wilayah itu karena dinilai berasal dari keluarga mampu sehingga tidak layak lagi mendapatkan subsidi energi dari pemerintah.

“Jadi tidak ada hubungan antara perumahan bersubsidi dengan subsidi listrik 900 VA. Soal data secara rinci kami belum dapat memastikannya karena kantor lagi tutup. Yang jelas, subsidi listrik menyangkut keluarga yang miskin yang menjadi pelanggan PLN,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pemerintah pusat tidak mensubsidi listrik bagi warga atau pelanggan PLN yang tidak termasuk dalam Basis Data Terpadu Tim Nasional Percepatan Penganggulangan Kemiskinan (BDT-TNP2K). Artinya terhitung sejak 1 Mei subsidi untuk 8.000 pelanggan yang menggunakan listrik 900 VA di wilayah kerja PLN Rayon Curup ini resmi dicabut. Pencabutan subsidi listrik 900 VA tersebut dilakukan secara nasional bukan hanya di wilayah Kabupaten Rejang Lebong saja karena para pelanggan itu dinilai sudah tidak layak lagi mendapatkan subsidi.

Disamping itu, pencabutan subsidi ini berdasarkan Peraturan Menteri ESDM dan Sumber Daya Mineral No.28/2016 tentang Mekanisme Pemberian Subsidi Tarif Tenaga Listrik Untuk Rumah Tangga. Pelanggan yang menerima subsidi listrik ini diperuntukkan warga ekonomi lemah dan memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Untuk itu jika ada warga pemilik KPS yang terkena dampak dari pencabutan subsidi itu diminta segera melapor supaya dapat dikaji oleh petugas dan jika benar maka subsidinya akan diberikan kembali.

“Jika terjadi kesalahan oleh sistem yang dipakai PT PLN ini, oleh karena itu bila ada yang memegang Kartu Perlindungan Sosial namun subsidinya dicabut agar segera mendatangi kantor PT PLN, nantinya petugas akan segera mengeceknya kebenarannya,” ujar Rafiko sembari menyebutkan 60.000 lebih pelanggan PT PLN Rayon Curup, pelanggan yang menggunakan listrik 900 VA berkisar 30.000 pelanggan dari sebelumnya berjumlah 38.777 pelanggan. (gol)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

4 × 5 =