Praperadilan Wilson Gugur, PH Yakin Wilson Tak Salah

Praperadilan Wilson Gugur, PH Yakin Wilson Tak Salah

Ronal/RBO: Hakim Suryana, SH Menggugurkan Praperadilan Wilson.
BERBAGI:

Made Mengundurkan Diri dari PH Wilson

RBO, BENGKULU – Praperadilan terhadap Plt Kepala BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) Kota Bengkulu Wilson, SE, dinyatakan gugur oleh Hakim Suryana, SH, M.Hum, Selasa (09/05) kemarin di PN Bengkulu. Hakim menilai jika perkara tersebut sudah memasuki pemeriksaan oleh Pengadilan Negeri. Hal ini dikatakan oleh Kepala Humas Pengadilan Negeri (PN) Bengkulu DR Jonner Manik, SH.

“Dikarenakan sesuai pasal 82 ayat 1 yang mengatakan, dalam suatu perkara jika sudah diperiksa pengadilan negeri. Sedangkan pemeriksaan mengenai permintaan kepada praperadilan belum selesai, maka permintaan tersebut gugur. Inilah alasan hakim, dikarenakan perkara pokok sudah masuk. Sedangkan perkara peradilan sudah berjalan,” terang Jonner.

Terpisah, dari pihak kuasa hukum terdakwa Ahmad Nurdin, SH mengatakan tetap optimis kliennya tidak bersalah atas kasus korupsi program peningkatan dana pengembangan pengelolaan keuangan daerah di BPKAD Kota Bengkulu anggaran tahun 2013. Dikarenakan, sesuai peraturan hukum penetapan tersangka terhadap kliennya itu tidaklah sah.

“Memang pokok perkara sudah masuk, tidak apa apa,” katanya.
Menariknya, Made yang merupakan salah satu kuasa hukum terdakwa, diketahui mengundurkan diri dalam perkara ini. Disinggung pertanyaan itu, Ahmad tidak mau berkomentar.

“Ya, memang Pak Made mengudurkan diri. Tapi tak tahu mengapa,” tutupnya.

Persidangan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi pada minggu depan. Wilson didakwa dengan pasal 9 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU RI Nomor 20 tahun 2011 tentang perubahan atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tipikor jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP jo pasal 64 ayat (1) KUHP. Dirinya diduga telah melakukan kerugian negara hingga senilai Rp 598 juta. (run)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

17 − six =