Terapkan e-Tilang, Operasi Patuh Nala Digelar Dua Minggu

Terapkan e-Tilang, Operasi Patuh Nala Digelar Dua Minggu

Ikrok/RBO: Persiapan operasi patuh nala 2017 di wilayah hukum Polres Kepahiang, Selasa (09/05), pagi.
BERBAGI:

Hati-Hati “Warning” Pungli

RBO, KEPAHIANG – Selama 14 hari terhitung Selasa (09/05) sampai Senin (22/05), Satuan Polisi Lalulitas Polres Kepahiang mengelar operasi patuh lalulitas diwilayah Kabupaten Kepahiang.

Targetnya kendaraan yang melanggar tertib lalulitas dan tidak lengkap surat-menyurat semua akan ditilang. Tetapi diutamakan pendekatan humanis dengan senyum sapa dan salam, serta tidak ada pungutan liar.

Kepala Korps Lantas Polri Inspektur Jenderal Polisi Drs. Royke Lumowa MM, melalui Kapolres Kepahiang AKBP. Ady Savart PS, MM, didamping Waka Polres Kompol. Rudy, SH, dalam amanah menekankan operasi patuh akan mengutamakan tindakan represif berupa penegakan hukum penilangan bagi pelanggar lalu lintas.

“Operasi patuh 2017 dilaksanakan dengan mengutamakan tindakan represif dan mengedepankan humanis dengan senyum sapa dan salam,” jelas Wakapolres.

Selain itu, Operasi Patuh ini diharapkan mampu mewujudkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, turunnya angka kecelakaan lalu lintas dan mampu menekan jumlah fatalitas korban kecelakaan lalu lintas serta berkurangnya titik kemacetan.

“Selama pelaksanaan operasi agar mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan, hindari tindakan pungli, lakukan tugas Operasi Patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat,” ujar Wakapolres.

Operasi patuh 2017 ini ditandai dengan penyematan pita kepada perwakilan anggota TNI, Polri, dan Perhubungan oleh Wakapolres dilapangan apel Polres Kepahiang. Hadir dalam apel tersebut Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati S Sos, Kajari Kepahiang H Wargo SH, Waka Pengadilan Negeri Irwin SH,Plt kadis Pol PP Hermansyah, serta seluruh Kapolsek setelah Kabupaten Kepahiang.

Sementara itu, Para pengendara kendaraan bermotor di Seluma khususnya harus menyiapkan diri sebelum berkendaraa. Sebab, Polres Seluma bersama pihak terkait mulai menggelar operasi patuh Nala.

Apel kesiapsiagaan pasukan untuk pelaksanaan Operasi Patuh 2017 telah digelar di halaman Mapolres Seluma pada Selasa (9/5) yang dipimpin oleh Wakapolres Seluma, Kompol Frengki Leo.

“Operasi patuh nala digelar selama 14 hari, sejak tanggal 9-22 Mei” kata Kaur Humas Polres Seluma, Ipda Agus Setiyanto, Selasa (9/5).

Operasi Patuh Nala yang berlangsung selama dua minggu tersebut fokus terhadap penindakan, berupa tilang.

“Penerapan sanksi terhadap pelanggar, lebih ditekankan dengan pemberlakuan E- tilang. Hal ini  mempermudah masyarakat untuk menghindari pungli. Dalam surat  tilang, petugas membuka e – tilang, dan disana sudah tertera pelanggaran sesuai denda, kalau masyarakat mau membayar sendiri bisa membayar melalui ATM,” ujar dia.

Operasi Patuh Nala 2017 juga untuk menertibkan arus lalu lintas menjelang bulan puasa dan lebaran Idul Fitri. Dari operasi itu,  akan dijadikan acuan sebesar apa pelanggaran yang dilakukan masyarakat di kabupaten Seluma. (Izu/One)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

3 × three =