BI Jadikan Kopi Kepahiang Pilot Projek

BI Jadikan Kopi Kepahiang Pilot Projek

Ikrok/RBO: Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM, memberikan cendara mata kepada Direktur Eksekutif BI Regional Sumatera, Benni Susanto, Rabu (10/05), pagi.
BERBAGI:

Go Internasional

RBO, KEPAHIANG – Bumi Sehasen merupakan penghasil kopi terbesar di Provinsi Bengkulu. Kopi Kepahiang memilik krakteristik rasa tersendiri dan sudah dikenal oleh Indonesia.

Hal ini menjadi faktor menarik bagi Bank Indonesia (BI) untuk menjadikan kopi Kepahiang sebagai pilot projek binaan mereka pada tahun 2018 mendatang.

Direktur Eksekutif BI Regional Sumatera Benni Siswanto, di Goes House Kepahiang, Rabu (10/05) pagi mengatakan kopi Kepahiang termasuk kopi yang memiliki krakteristik rasa tersendiri, tetapi belum dikenal secara luas, maka diperlukan upaya pemerintah untuk mengenalkan kopi Robusta ini ke pasaran global. ”Kopinya miliki rasa yang khas, namun belum maksimal dipromosikan, makanya diperlukan peran semua pihak, untuk ikut promosinya,” ujar Benni, kemarin.

Selain itu, dunia perbankan dan Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya melirik sektor ekonomi baru yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia masa depan.

Disini Bank Indonesia melihat Kopi Robusta Kepahiang merupakan kopi alternatif ekonomi baru yang bisa dikembangkan pada pasar global.

“Kami optimis sektor pertanian bisa mendobrak ekonomi baru Indonesia, salah satunya kopi, Kami akan jadikan kopi Robusta Kepahiang Go internasinal,”jelasnya.

Lebih jauh Benni menegaskan akan melakukan kajian bersama tim untuk memasukan Kopi Robusta Kepahiang sebagai kadidat pilot projek binaan Bank Indonesia di tahun 2018 mendatang.

“Kami akan melakukan pembinaan dan pelatihan kepada para petani kopi agar bisa mengasilkan produk unggulan yang berkualitas dimasa mendatang,”janji Benni.

Sementara itu, Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM, mengatakan bahwa hampir 24.800 Kepala Kelurga (KK) di Kabupaten Kepahiang mengatungkan hidupnya dari kopi. Oleh karena itu bupati berharap ada kerjasama dari Bank Indonesia dalam melakukan pembinaan, dan memasukan kopi kepahiang sebagai binaan BI.

“Saya meminta kepada Bank Indonesia untuk memasukan kopi Kepahiang sebagai kopi binaan BI,”harap orang nomor satu di bumi Sehasen ini.

Bupati meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang berkomitem akan selalu melakukan promosi Kopi Robusta Kepahiang menjadi Kopi Nasional dan bahkan Internasional.

“Kopi Kepahiang ini akan dijadi solusi perkopian nasional bahkan internasional,”tutup dia. (izu)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

17 + 9 =