Setiap Bulan, 24 Balita Mukomuko Kekurangan Gizi

Setiap Bulan, 24 Balita Mukomuko Kekurangan Gizi

BERBAGI
BERBAGI:

RBO, MUKOMUKO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko mencatat, setidaknya dalam sebulan terdapat 24 bayi dibawah lima tahun (Balita) di Mukomuko mengalami kekurangan gizi. Hal ini disampaikan Kabid Kesmas Dinkes Mukomuko, Heri Junaidi, SKM.

Padahal terkait dengan gizi balita ini, Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinkes menargetkan 0% atau tidak ada warga Mukomuko yang kekurangan gizi dari total jumlah balita sekitar 14.143 jiwa.

“Sebenarnya angka ini masih tinggi. Karena kita targetkan Zero Poin, tidak ada warga kita yang mengalami kekurangan gizi,” ujarnya.

Masih banyaknya ditemukan penderita kekurangan gizi di kabupaten ini, diduga karena belum maksimalnya asupan makanan yang diberikan kepada si balita. Selain itu, kondisi ini juga dipengaruhi oleh penyakit tahunan yang selalu muncul.

“Yang menjadi indikator penilaian tingkat gizi ini diataranya, berat badan yang kurang ideal dibandingkan dengan usia dan tinggi badan si balita,” jelas Heri.

Untuk mereka angka balita yang masih kekurangan gizi ini, Dinkes sudah melakukan sosialisasi kepada orang tua, menyangkut pemberian asupan gizi yang baik.

“Kita juga memberikan makanan tambahan kepada balita yang mengalami kekurangai gizi,” ungkap Heri.

Katanya, Dinkes terus berupaya mengurangi angka balita yang mengalami kekurangan gizi ini. Sampai pada tahun ini, angka penderita kekurangang gizi menyentuh angka nol.

“Target kita pada akhir tahun 2017 ini tetap Zero Poin. Kita kan tekan terus sampai tidak ditemukan lagi warga Mukomuko yang kekurangan gizi,” pungkas Heri. (sam)