Kebangkitan Nasional Momen Perkuat Semangat Nasionalisme

Kebangkitan Nasional Momen Perkuat Semangat Nasionalisme

BERBAGI:

RBO, ARGA MAKMUR – Hari Kebangkitan Nasional merupakan peristiwa sejarah yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjuangan Kemerdekaan RI. Semangat perjuangan untuk merebut Kemerdekaan diawali rasa kebangsaan dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan di tahun 1908 tersebut. Kemudian di tahun 1928 berbagai perkumpulan pemuda seperti Jong Java, Jong Sumatera, Jong Cilebes, dan berbagai organisasi tersebut berikrar yang dikenal dengan sumpah Pemuda. Bertanah Air Satu, Berbangsa Satu dan berbahasa satu, yakni Indonesia.

Para pendiri bangsa ini merupakan pejuang yang berasal dari berbagai suku bangsa dan agama serta kepercayaan. Mereka bersatu untuk satu Indonesia Merdeka. Artinya, bangsa ini berdiri atas keberagaman suku bangsa maupun agama.

‘’Untuk itu, pada momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini, kita sebagai bangsa Indonesia harus kembali pada kitah sebagai sebuah bangsa yang besar. Perbedaan agama ,suku bangsa maupun latar belakang sosial lainnya, bukan merupakan sekat. Namun adalah perekat sebagai sebuah bangsa,’’ujar Mukaddas.

Di Bengkulu Utara, masyarakatnya sangat heterogen. Semua suku bangsa dan agama ada di BU. Namun masyarakatnya dapat hidup saling berdampingan satu sama lainnya. BU ini adalah miniaturnya nusantara. ‘’Untuk itu hidup berdampingan dalam perbedaan yang kondusif saat ini jangan sampai ternodai oleh ulah orang-orang atau kelompok yang tidak bertanggung jawab yang ingin memecah belah kita,’’tegas Mukaddas.

BU ini beraneka ragam suku bangsa dengan warni-warni tersendiri, ibarat pelangi yang indah dengan warna yang harmonis satu sama lainnya. (bri)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

5 × 3 =