Pemda MM Targetkan PAD PBB Rp 3,8 Miliar

Pemda MM Targetkan PAD PBB Rp 3,8 Miliar

BERBAGI:

Realisasi Tahun Lalu Kurang Dari 50%

RBO, MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) tahun ini menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi Bangunan (PBB) sebesar Rp 3,8 miliar. Hal ini diungkapkan Kabid Pendapatan II BKD Kabupaten Mukomuko, Ferdiantoni, SE.

“Untuk target tahun ini tidak jauh beda dengan tahun 2016 lalu sekitaran Rp 3,8 miliar,” katanya.

Dijelaskanya, saat ini, pihaknya sedang gencar turun kelapangan guna mensosilalisasikan hal-hal yang berkaitan dengan PBB.

Selain itu, BKD Kabupaten Mukomuko juga sedang menyusun strategi agar realisasi PAD dari sektor PBB meningkat.

“Kita genjot terus agar PAD kita meningkat. Saat ini ita sedang menyusun strategi jitunya,” ujar Toni.

Ditambahkannya, dengan strategi yang sedang disusun ini, serta sosialisasi yang rutin dilakukan, pihak Pendapatan II BKD Kabupaten Mukomuko optimis realisasi PBB tahun ini bisa melampaui realisasi tahun lalu.

Untuk diketahui, tahun 2016 lalu, PAD Kabupaten Mukomuko dari sektor PBB masih jauh dari yang ditargetkan. Yang mana target sebesar Rp 3,8 miliar, sedangkan realisasi hanya dikisaran Rp 1,5 miliar.

“Dari sekitar 84 ribu lebih objek pajak, ada sekitar 35 ribu yang membayar pajak. Artinya realisasinya belum mencapai 50%,” ungkap Kabid Pendapatan II.

Dijelaskannya, ada beberapa faktor penyebab masih minimnya penghasilan daerah dari sektor PBB ini. Yang pertama, katanya, mungkin petugas dari tingkat terkecil belum bekerja maksimal. Selain itu, ia menduga kesadaran masyarakat untuk taat pajak masih kurang.

“Yaa, kami berharap dengan lebih sering kami turun kelapangan bisa memacu semangat petugas PBB serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak,” demikian Ferdiatoni. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

1 + 15 =