PNS Kota Wajib Bayar Zakat ke Baznas

PNS Kota Wajib Bayar Zakat ke Baznas

BERBAGI
BERBAGI:

Baznas Targetkan 21 Miliar

RBO, BENGKULU – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bengkulu targetkan mendapat zakat dari PNS di Lingkup Pemkot Bengkulu sebesar Rp 21 Miliar. Dikatakan Ketua Baznas Kota Bengkulu, Drs. H. Agus Aswadi, terkait dengan adanya instruksi dari Sesda Kota Bengkulu, dan semenjak Baznas ini sudah dikukuhkan sebagai lembaga resmi pemerintah nonstruktural, dan berkewenangan untuk mengumpulkan, mengelola, memperdayakan dan mendistribusikan zakat kepada masyarakat.

“Sejauh ini kita sudah melakukan sosialisasi di berbagai OPD terkait dengan pembayaran zakat dan kewajiban seorang PNS nuntuk membayar zakat tersebut. Data yang terekap dengan kita ada 7000 PNS di Lingkup Kota yang wajib membayar zakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku,”jelas Agus saat ditemui di ruangannya kemarin.

Dia mengatakan, ketentuan untuk membayar zakat inikan sudah jelas, dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh agama. Sesuai dengan besaran gaji yang mereka dapatkan.

“Bagi yang menerima gaji Rp 2.500.000 keatas maka wajib membayar zakat 2,5 persen. Jika mereka menerima gaji Rp 2.500.000 kebawah, maka mereka tidak diwajibkan untuk berzakat. Namun mereka membayar infak yang tidak ditentukan besarannya,” kata dia.

Dikataknnya, Baznas Kota Bengkulu untuk mengumpulkan zakat khusus PNS di lingkup Pemkot Bengkulu di tahun ini.

“Dari sekian PNS yang ada, target kita tahun ini kalau beras sekitar 200 ton lebih. Jika dijadikan rupiah sekitar Rp 21 Miliar, yang akan kita usahakan dan kita salurkan pada mustahiq nantinya,” pungkasnya. (ide)