Westkust Bangun Pam Simas Rp250 Juta

Westkust Bangun Pam Simas Rp250 Juta

BERBAGI:

RBO, KEPAHIANG – Permasalahan kekurangan air bersih diwilayah Desa Westkust Kecamatan Kepahiang sebentar lagi akan dapat diatasi secara baik.

Karena ditahun ini Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Weskust akan membangun Pam Simas 2017 yang ditarget dapat menyalurkan air bersih ke 600 kepala keluarga (KK).

Ketua KKM Wiskust Irwansyah, A.Md Rabu (17/5) mengatakan tahun ini pihaknya mendapatkan anggaran Rp 250 juta untuk pembangunan Pam Simas.

Nantinya pengerjaan proyek perbaikan layanan air bersih tersebut akan dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat, warga akan melakukan gotong royong membangun bak atau tong penampungan air bersih diatas desa, yang kemudian akan dialiran kerumah-rumah warga.

“Anggagran dari APBD kisaran Rp250 juta, namun anggaran itu belum juga mencukupi untuk pembangunan keseluruhan, sehingga kedepan akan ada bantuan dari Pemdes. Lalu swadaya masyarakat Desa Wiskust,” ujar Irwansyah.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang ini mengatakan bila realisasi Pam Simas akan dilaksanakan dalam waktu dekat, setelah anggaran dapat dicairkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang.

“Pencairannya dilakukan pertermin, untuk tahap pertama ada sekitar Rp 80 jutaan,” sebutnya.

Disampaikannya Pam Simas nantinya akan menjadi aset Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sehingga akan melakukan pengelolaan terhadap saluran air bersih masyarakat. Sehingga managemen BUMDes akan bertanggungjawab untuk perawatan pipa saluran hingga pengelolaan bak penampungan.

“Nantinya warga juga akan diminta membayar bulanan, dengan besaran tidak memberatkan,” ucapnya. (Izu)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

13 + five =