Tahapan Pilkades Serentak 21 Desa BU Dimulai Usai Lebaran

Tahapan Pilkades Serentak 21 Desa BU Dimulai Usai Lebaran

BERBAGI:

RBO, ARGA MAKMUR – Setelah sukses menghelat suksesi tingkat desa berupa Pemilihan Pilkades serentak di 180 desa dalam 19 Kecamatan Se BU pada Pilkades Serentak Gelombang I BU tanggal 25 Juli lalu, Pemkab BU berencana kembali mengadakan Pilkades serentak Gelombang II yang dijadwalkan pelaksanaan tahapannya dimulai pada bulan Juli atau setelah lebaran Idul Fitri nanti.

Berbagai tahapan mulai dari pembentukan panitia kabupaten, Pengawas pemilihan Kades di tingkat Kecamatan, hingga pembentukan Panitia Pemilihan Kepala desa atau PPKD dan PPPKD, akan segera dilaksanakan sesuai dengan regulasi yang ada.

Menurut Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Pemkab BU, Sudarman, ada sebanyak 21 Desa yang akan mengadakan pemilihan Kades baru .

Dijelaskan Sudarman, ada beberapa desa yang akan habis masa jabatan kades definitifnya. Dan melalui mekanisme dan regulasi yang ada, jabatan  tersebut nantinya akan dipegang seorang PNS selaku Pjs Kades. Bahkan untuk Desa Selubuk, Kecamatan Air Napal dan Desa Retes, Kecamatan Air Padang, saat ini jabatan kades dipegang oleh seorang PNS.

Dituturkan Sudarman, dari 21 Desa yang akan menggelar Pilkades serentak nanti, Kecamatan Padang Jaya memiliki 3 Desa. Yakni Desa Tambak Rejo, Desa Tanah Tinggi dan dan Desa Sidoluhur. Selanjutnya di  Kecamatan Hulu Palik, Desa Kota Lekat Mudik, Desa Air Baus II dan Desa Kota Lekat. Di Kecamatan Ketahun, yakni Desa Melatiharjo dan Desa Urai,Desa Talang Baru dan Desa Bukit Tinggi. Kecamatan Air Padang, yakni Desa Retes, Sukarami dan Talang Ulu. Kecamatan Batiknau, yaitu Desa Air Mengayau.Kecamatan Enggano, Desa Banjarsari, Kecamatan Air Napal, Desa Selubuk, Kecamatan Air Besi Desa Talang Lembak. Kecamatan Marga Sakti Sebelat di Desa Suka Negara, Kecamatan  Napal Putih di Desa Tanjung Alai dan Desa Kinal Jaya. ‘’Selanjutnya untuk di Kecamatan Tanjung Agung Palik hanya 1 desa yang akan menggelar Pilkades, yakni Desa Lubuk Semantung,’’papar Sudarman. (bri)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

3 + 1 =