Aman, Kebutuhan Pangan di Mukomuko

Aman, Kebutuhan Pangan di Mukomuko

BERBAGI:

RBO, MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Ketahanan Pangan melakukan survei harga di pasar guna memastikan harga-harga kebutuhan pokok menjelang Ramadan.

“Kita ingin memastikan, apakah ada kenaikan harga saat-saat menjelang Ramadan ini,” kata Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko, Sukiman, SP.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemetaan terhadap daerah mana saja yang dikhawatirkan terjadi rawan pangan. Rawan pangan yang dimaksud, bisa karena gagal panen, atau bisa pula karena gangguan distribusi akibat kendala transportasi.

“Yang jelas tugas kita adalah melakukan pemetaan ketersediaan pangan yang diselaraskan dengan total kebutuhan warga akan pangan. Mana yang masih kurang, itu yang kita rekomendasikan untuk diupayakan agar bisa terpenuhi,” terangnya.

Dijelaskan Sukiman, rekomendasi itu disampaikan ke OPD teknis sebagai mitra kerja agar mengupayakan ketersediaan pangan tersebut.

“Tugas Ketahanan Pangan ini semacam menganalisis ketersediaan kebutuhan pangan di Mukomuko,” ujarnya.

Ia mengatakan, dari hasil survei yang dilakukan, untuk saat ini kebutuhan pangan sampai dengan bulan Ramadan ini Mukomuko masuk dalam katagori aman, khususnya kebutuhan dasar seperti beras.

“Begitupun stok pangan lainnya seperti daging, ikan segar, susu, gula, umbi-umbian, sayuran segar, dan lain sebagainya. Kita harus jamin ketersediaan semua pangan yang ada hingga bulan Ramadan kelak. Kalau kita sudah lakukan survei ini, paling tidak kita tahu langkah apa yang harus diambil untuk mengatasi masalah pangan, untuk sementara ini masih aman,” pungkas Sukiman. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

6 + 16 =