Bupati: Menguasai Informasi Sama Dengan Menguasai Dunia

Bupati: Menguasai Informasi Sama Dengan Menguasai Dunia

527
BERBAGI
Ikrok/RBO: Peresmian Desa Online

 

RBO, KEPAHIANG – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Tangsi Duren, Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang akan berkerjasama dengan Payang Cyber Net, untuk berjualan internet kepada masyarakat.

Hal itu diungkap dalam acara seremonial internet Go desa, yang dibuka langsung oleh Bupati Kepahiang, Sabtu (20/05) siang.

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM, mengungkapkan perkembangan zaman akan diukur oleh kemajuan teknologi dan informasi. Dia mengatakan siapa yang menguasa informasi maka dia akan menguasai dunia.

“Jadi masa depan kita tidak akan bisa lepas dari informasi dan komunikasi,”ujar bupati kemarin.

Melalui jaringan internet, masyarakat bisa meningkatkan pemahamannya dalam mengelolah hasil bumi yang ada di desa tempat tinggalnya.

Jadi yang diharapkan kepada 105 desa di Kabupaten Kepahiang bisa membentuk Bumdes dan menerapkan sistem online seperti dilakukan Bumdes Desa Tangsi Duren.

“Saya bangga dan gembira, ada desa yang sudah menerapkan sistem online, dan saya berharap 105 desa bisa menerapkan apa dilakukan Bumdes Tangsi Duren,”jelas dia.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Sosial dan PMD Kepahiang Jan Jahanes Dalos, mengungkapkan Desa Tangsi Duren adalah desa pertama yang menerapkan program Desa pintar dan desa online.

“Desa Tangsi Duren merupakan desa pertama yang menerapkan sistem desa online,”ujar Jan Dalos.

Kepala Desa Tangsi Duren Nurwanto, mengatakan program Desa Pintar dan Desa Online ini akan dikelolah oleh Bumdes dan mengunakan Dana Desa (DD). Tujuan diadakannya kerjasama ini untuk menunjang kinerja perangkat desa dan untuk memenuhi kebutuhan akses internet kepada masyarakat setempat, akhirnya masyarakat bisa mengupload potensi hasil bumi ke dunia maya.

“Semangat kami adalah Maju Bersama membangun Kepahiang,”Kata Nurwanto, kemarin.

Disisilain Direktur Payang Cyber Net, Hari, mengatakan belum melakukan penandatangan kerjasama (MoU) dengan Desa Tangsi Duren, terkait pemakaian jaringan. Tetapi lanjutnya kerjasama akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Ini baru uji coba dan belum melakukan MoU, nanti kalau sudah jelas, maka kami akan tingkatkan spek jaringanya,”terangnya.

Hari menambahkan, sistem yang digunakan menjangkau 7 KM dari titik nol. Dimana nanti BUMdes bisa mendapatkan pengasilan dari jaringan tersebut. Setiap warga akan dikenakan biaya dalam pemakaian.

“Kami ini mengajak kerjasama. Dimana BUMDes diajarkan jualan akses internet, bukan seperti selama ini Dana Desa selalu digunakan untuk pengadaan tenda, kita perlu pembaharuan,”tutupnya. (izu)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

1 − 1 =