Kpw BI Bengkulu “Investasi” Pendidikan

Kpw BI Bengkulu “Investasi” Pendidikan

BERBAGI
BERBAGI:

Mahasiswa IAIN & UNIB Dapat Beasiswa dari Kpw BI Bengkulu

RBO, BENGKULU – Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia Provinsi Bengkulu melakukan investasi di dunia pendidikan. Investasi yang dimaksud adalah Kpw BI memberikan beasiswa senilai Rp 720 juta untuk 80 mahasiswa perguruan tinggi di Bengkulu.

Beasiswa yang diberikan untuk 40 mahasiswa/i IAIN Bengkulu dan 40 mahasiswa UNIB tersebut berlangsung selama 1 tahun (2017).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra mengatakan, beasiswa yang diberikan oleh BI adalah bentuk kepedulian BI terhadap dunia pendidikan di daerah. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini adalah mahasiswa yang berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi. Mereka yang menerima beasiswa ini adalah mereka yang telah lolos tahap seleksi yang dilakukan oleh BI dan pihak kampus. Dan mereka ini akan dievaluasi persemesternya. Jadi tidak ada kata untuk prestasinya yang turun agar beasiswa tetap bertahan.

“Hal ini kami lakukan, untuk mencegah terhambatnya pendidikan yang dikejar oleh mahasiswa tersebut, yang memang selalu mendapatkan prestasi bagus di kampusnya. Hal itulah yang ingin kami hindari. Karena seperti kita ketahui, di Bengkulu ini banyak sekali mahasiswa yang berprestasi namun untuk ekonomi masih perlu dibantu,” ujarnya.

Endang Kurnia juga menjelaskan, beasiswa yang diberikan BI ini perbulannya adalah Rp 750 ribu per mahasiswa. Bila dikalkulasikan maka tahun ini ada Rp 720 juta untuk 80 mahasiswa IAIN dan UNIB.

“Beasiswa yang diberikan semuanya langsung dikirim melalui rekening mahasiswa. Hal itu kami lakukan adalah agar mahasiswa terbiasa dengan transaksi non tunai dan merasakan kelebihan yang di dapat dari non tunai. Selain itu juga mahasiswa penerima beasiswa ini nantinya akan tergabung dalam GenBI (Generasi Baru Indonesia) yang akan dilatih ditambah wawasannya seputar ekonomi, leadershipp dan lain – lain,” katanya.

Disisi lain, pemberian bewasiswa ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) yang ditandatangani Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Dr. H. Siradjuddin M, M.Ag, MH, Wakil Rektor 3 UNIB Prof. M. Ridwan, SE, MP dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu, Endang Kurnia Saputra, di ruang rapat BI, Senin (22/5).

Rektor IAIN Bengkulu dan wakil Rektor III Unib senada mengucapkan terima kasih kepada Kpw BI yang telah peduli terhadap dunia pendidikan di Bengkulu. (ae2)