Harga Daging dan Ayam Meroket

Harga Daging dan Ayam Meroket

BERBAGI:

Bawang Putih Masih Tinggi

RBO, BENTENG – H-2 menjelang pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan harga di Benteng terpatau meroket, khususnya daging sapi dan daging ayam. Daging sapi murni dijual pedagang pasar pekan Kamis Taba Penanjung sebesar Rp 125 ribu/Kg atau naik Rp 5 ribu dari harga sebelumnya.

Kenaikan harga juga berlaku pada harga daging ayam ras, yakni Rp 35 ribu/Kg, sedangkan pekan lalu dijual dengan harga Rp 28 ribu/Kg. Daging ayam kampung juga turut naik, jika pekan sebelumnya dijual dengan harga Rp 50 ribu/Kg maka pada pekan ini dijual pedagang dengan harga Rp 60 ribu/Kg.

Kenaikan harga ini disebabkan oleh banyaknya permintaan warga, mengingat sudah dekat memasuki Ramadhan, terlebih di wilayah Taba Penanjung, pasar pekan Kamis merupakan pasar terbesar yang ada di Kecamatan itu.

“Kenaikan ini memang dari agennya, kalau dari agen sudah jual tinggi, kami otomatis juga lakukan kenaikan. Meski daging sapi harganya cukup tinggi, tapi Alhamdullilah dagangan saya habis juga. Karena memang sudah jadi kebiasaan dari dulu kalau puasa pertama biasanya memang banyak yang masak daging,” kata penjual daging sapi di pasar Pekan Kamis, Ratna Dewi.

Dia juga memprediksi harga daging tetap akan bertahan di Rp 125 ribu hingga menjelang Idul Fitri, sebab konsumsi daging sapi saat Idul Fitri masih tinggi. “Daging yang kami jual adalah daging segar, bukan daging beku. Sebab itulah harganya agak tinggi, kami juga tidak kawatir dengan operasi pasar yang nantinya dilakukan pemerintah,” katanya.

Sementara itu, pedagang daging ayam, Tuti mengatakan kenaikan harga menjelang puasa dan Idul Fitri adalah hal yang biasa. Bahkan masyarakat juga sudah memprediksinya, sehingga berapapun harga yang ditawarkan masih dibeli oleh masyarakat.

“Kalau soal harga, masyarakat tidak begitu mempersoalkan asalkan barangnya ada. Kuncinya adalah barangnya ada, bahkan mereka juga sudah menyiapkan uang lebih untuk belanja persiapan puasa dan persiapan Idul Fitri,” kata Tuti.

Bawang putih hingga kemarin (25/5) masih terpantau tinggi, yakni Rp 42 ribu/Kg sedangkan bawang merah dijual berkisar Rp 23 ribu-Rp 24 ribu/Kg. (tan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

eight − three =