Uang Santunan Kecelakaan Jasa Raharja Naik 100 %

Uang Santunan Kecelakaan Jasa Raharja Naik 100 %

198
BERBAGI
Adit/RBO: Sosialisasi PT. Jasa Raharja (persero) Cabang Bengkulu Rabu kemarin (24/5).

Kecelakaan Naik Wagub Minta Angka Kecelakaan Berkurang

RBO, BENGKULU – PT. Jasa Raharja (persero) Cabang Bengkulu Rabu kemarin (24/5) di Ballroom Hotel Santika menggelar sosialisasi dengan tema Kenaikan Besar Santunan Korban Kecelekaan Penumpang Umum dan Korban Kecelakaan Lalulintas Jalan. Sosialisasi itu dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.MA.

Kepala Jasa Raharja Cabang Bengkulu, M. Zulham Pane mengatakan, sosialisasi ini diselenggarakan untuk memberitahukan kepada masyarakat terkait dengan penetapan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15/PMK.1010/2017 Tentang Besaran Santunan dan Iuran Wajib dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang alat angkutan penumpang umum di darat, sungai/danau Feri atau penyeberangan laut dan udara.

“Santunan kepada korban kecelakaan yang diberikan oleh PT Jasa Raharja (Persero) meningkat hingg 100 persen. Dengan rinciannya, ahli waris korban meninggal dunia mendapat santunan sebesar Rp 50.000.000, (sebelumnya 25.000.000), santunan bagi korban cacat masih tetap sesuai persentase tertentu dari santunan korban meninggal dunia juga telah dinaikkan menjadi Rp 50.000.000, penggantian biaya perawatan dan pengobatan meningkat menjadi maksimal Rp 20.000.000 (Sebelumnya Rp.10.000.000), pengantian biaya penguburan meningkat menjadi Rp.4000.000, (sebelumnya Rp. 2000.000) bagi korban tidak memiliki ahli waris,” terangnya.

Kemudian dia juga mengatakan, peraturan ini berlaku sejak 1 Juni 2017. Pengaturan ini berlanjut untuk memberikan waktu, yang cukup kepada PT. Jasa Raharja (Persero) selaku penyelenggara program untuk melakukan persiapan yang dibutuhkan. Diantaranya penyesuaian dan teknologi pendukung, penyiapan sumber daya manusia, serta pelaksanaan sosialisasi kepada masyarakat dan pihak terkait lainnya. Pemerintah juga menyadari kecelakaan lalulintas semakin meningkat seiring dengan bertambahnya kendaraan di masa sekarang ini.

“Kita berharap agar tersedia perlindungan yang memadai untuk mengantisipasi, risiko terjadinya kecelakaan lalulintas jalan dan penumpang kendaraan umum lainnya,” kata dia.

Sementara itu Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, untuk antisipasi arus lalulintas dan menekan angka kecelakaan di arus mudik dan arus balik di lebaran tahun ini dia minta kepada Dinas Perhubungan untuk melakukan cek dan ricek kapada perusahaan jasa angkutan untuk dapat memastikan kendaraan angkutan semuanya layak untuk beroperasi.

“Ya, sangat penting menyangkut keselamatan masyarakat. Kemudian kedisiplinan dalam berlalulintas juga harus diutamakan,” sampai dia.

Kemudian dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk taat, disiplin dan santun dalam berlalulintas. Karena keselamatan dalam berlalulintas ini sangatlah penting.

“Kesadaran dan kejujuran dalam berlalulintas ini juga sangat penting. Misalkan seperti kita sudah ngantuk, capek. Jika kita jujur dengan keadaan itu, maka kita berhenti sejenak. Jika ini sudah terterap dengan masyarakat, maka angka kecelakaan lalulintas ini dapat berkurang,” kata dia. (ide)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

four × 3 =