Helmi-Linda Masih Berpeluang di PDIP

Helmi-Linda Masih Berpeluang di PDIP

263
BERBAGI

RBO, BENGKULU – Penjaringan Calon Walikota (Cawalkot) yang telah dilaksanakan oleh DPC PDIP Kota Bengkulu, dan info terakhir menyampaikan tercatat ada sembilan kandidat calon yang mendaftar. Sementara Incumbent Walikota H. Helmi Hasan dan Wakil Walikota, Ir. Patriana Sosia Linda tidak mendaftar dan pendaftaran telah ditutup. Tetapi kedepan tidak menutup kemungkinan dua incumbent tersebut akan masuk jadi kandidat Cawalkot PDIP.

“Kalau itu adalah hak prerogatif Ketua DPC. Itu kewenangan dia nanti apakah Helmi-Linda bisa dijadikan Cawalkot PDIP sementara pendaftaran sekarang telah ditutup, masing-masing ketua DPC untuk daerahnya yang melaksanakan Pilkada itu adalah hak prerogatif mereka,” ungkap Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu, Hj. Elva Hartati Murman S.Ip, MM saat diwawancarai usai salat Jumat, kemarin (26/5).

Sebelumnya dijelaskan oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Bengkulu tersebut, hasil penjaringan yang dilakukan oleh DPC, nanti akan diteruskan ke DPD dan DPD yang akan mengusulkan ke DPP. “Yang akan diusulkan ke DPP nanti, kita lihat dulu saat fit and proper testnya. Nanti DPC melakukan fit and proper test. Kemudian DPD juga akan melakukan fit and proper test terhadap Balon yang disampaikan oleh DPC,” jelasnya.

Selain itu, nanti PDI Perjuangan sambung anggota komisi IX DPR RI ini, juga akan melakukan verifikasi kelengkapan berkas persyaratan bakal calon. “Kita akan lihat sejauh mana kesiapan bakal calon, apakah dia sudah mempunyai beberapa Parpol lainnya untuk koalisi. Sebab kami hanya punya satu kursi. Kemudian kader kami juga mau maju, dan kita ingin minimal wakilnya kader PDIP, ” pungkasnya.

9 Cawalkot PDIP Masih Diverifikasi

Dari Sembilan orang kandidat Cawalkot PDIP yang terdaftar saat ini, diungkapkan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bengkulu, Mirza SH, M.Kn masih akan diverifikasi oleh tim lima penjaringan Cawalkot. “Saat ini, Sembilan nama calon yang telah mengembalikan berkas formulir pendaftaran masih dilakukan verifikasi oleh tim lima, dan jika saat verifikasi syaratnya tidak lengkap, maka tidak akan ikut tahap berikutnya,” ungkap Mirza, kemarin (26/5).

Dijelaskan oleh Mirza, setelah verifikasi nanti, akan dilakukan fit and proper test terhadap para kandidat calon. “Dalam bulan puasa ini, kita akan laksanakan fit and proper testnya. Yang lolos fit and proper test dan wawancara akan kami rekomendasikan ke DPD,” jelasnya.

Adapun untuk kepastian kapan PDIP sudah menetapkan calon Walikotanya, Mirza mengatakan masih menunggu proses tahapan yang dilaksanakan. “Kalau kapan sudah ditetapkan itu kewenangan DPP. Yang jelas kami dari DPC terus memproses dan melakukan tahapan penjaringan sesuai instruksi dari DPP,” singkatnya.

Sembilan Cawalkot yang terdaftar di PDIP, Septy Peryadi, Erna Sari Dewi, Mirza, Hamsi, Hermansyah Wan Muda, Suimi Fales, Mardiyanti, Yudi Darmawansyah dan Tam Tam Ail. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

twenty − one =