Ramadan, Waspadai Makanan Mengandung Zat Berbahaya

Ramadan, Waspadai Makanan Mengandung Zat Berbahaya

DOK/RBO Mardiyanti
BERBAGI:

Rutinlah Cek Kesehatan Tubuh

RBO, BENGKULU – Selama Ramadan nanti akan banyak jajanan atau kuliner untuk berbuka puasa, maupun untuk santap malam. Untuk itulah masyarakat diminta tetap mewaspadai makanan yang dijajakan tersebut. Pilihlah dagangan yang higienis dan tempatnya bersih.

“BPOM dan pihak terkait harus lakukan razia. Seperti tahun- tahun sebelumnya telah heboh makanan berpengawet, makanan yang dibuat dari pewarna pakaian dan lain lain. Belum lagi tentang air yang digunakan tidak dimasak terlebih dahulu. Hal- hal semacam inilah yang patut diwaspadai. Ini patut diingatkan agar semua masyarakat Kota terhindar dari penyakit,” sampai Mardiyanti yang juga Ketua Komisi 1 DPRD Kota Bengkulu.

Penyakit yang disebabkan makanan tidak higienis atau bahan berbahaya terkadang tidak langsung dirasakan masyarakat, mungkin lima atau sepuluh tahun kemudian baru ketahuan. Misal, zat pewarna tekstil ini bila terkonsumsi, maka akan sangat berbahaya bagi tubuh dalam jangka panjang, karena bisa menimbulkan kerusakan hati, ginjal, dan penyebab penyakit kanker. “Rutin melakukan pemeriksaan ke medis juga bisa membantu. Jangan menunggu sakit, baru pergi ke dokter atau bidan. Pemeriksaan dini harus dilakukan, sehingga kita bisa menjaga pola makan selama Ramadan ini,” saran Dia.

Diapun berharap dinas terkait seperti Disperindag Kota bergerak bersama BPOM, Ketahanan Pangan juga senantiasa turun ke pasar pasar memeriksa bahan makanan yang dijual. “Kepada masyarakat untuk segera melapor apabila menemukan hal hal yang ganjil. Tak hanya beras, bahan makanan lainnya juga patut diwaspadai. Semisal mie basah dan daging sekalipun,” tutupnya. (lay)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

2 × two =